foto1
foto1
foto1
foto1
foto1
0335-436103
humaskotaprob@gmail.com



KANIGARAN – Sebanyak 758 anak TK di lima kecamatan di Kota Probolinggo menerima paket olahan ikan dari Dinas Perikanan setempat. Pembagian ini merupakan upaya pemerintah dalam Gerakan Makan Ikan Sumber Protein Hewani (Gema Insani) tahun 2017. Senin (11/12), Wali Kota Rukmini menyerahkan 95 paket di TK Tunas Bakti, Kelurahan Sukoharjo, Kecamatan Kanigaran.
    Penyerahan paketan pagi itu, diawali dengan tampilan anak-anak TK yang menari dengan rancak di depan tamu undangan. Wali kota didampingi Asisten Administrasi Umum Rey Suwigtyo, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Achmad Sudiyanto, Kepala Dinas Perikanan Budi Krisyanto, Kepala Disdikpora Maskur, Ketua TP PKK Devi Rince Suhadak dan Ketua DWP Sri Wahyuni Bambang Agus.
    “Probolinggo deket laut, jadi masyarakatnya harus makan ikan. Hari ini (11/12) kita sosialisasikan gerakan makan ikan dimulai dari anak-anak TK yang juga menghadirkan orangtuanya,” kata Rukmini, membuka acara kala itu.
    Setiap anak mendapatkan satu tas ransel dengan bentuk ikan. Satu tas berisi paketan olahan ikan diantaranya krupuk jenggelek, rengginang ikan, nugget ikan, pentol ikan, empek-empek ikan, amplang ikan dan abon.
    Rukmini menyampaikan, Kota Probolinggo hampir mendekati rata-rata pusat 34 persen per kapita per tahun dalam mengonsumsi ikan. “Sekarang kita 32 persen per kapita per tahun. Masih kurang 2 persen. 2 persen ini susah makanya kami harus terus sosialisasi. Ada 11 TK yang menjadi sasaran di akhir tahun ini,” serunya.
    Mengonsumsi ikan sangat dibutuhkan semua orang termasuk anak-anak yang masih tergolong masa pertumbuhan. Dalam tahap tumbuh kembang anak-anak bisa makan ikan, karena di dalam ikan terdapat zat ikan (DHA) yang baik untuk perkembangan otak dan kesehatan.
    “Saya pesan ke ibu-ibu, jangan lupa gizi anaknya. Jauhkan duri ikan saat anak memakan ikan, diberi ikan tuna dan tongkol tidak apa-apa. Pokoknya kalau makan diselingi ikan,” tegas Rukmini kepada orangtua anak-anak TK Tunas Bakti.
    Selain di TK Tunas Bakti, Wali Kota Rukmini roadshow ke TK Cempaka di Kelurahan Tisnonegaran dan TK Pertiwi Kelurahan Jrebeng Lor. Hari ini (12/12), Wali Kota Rukmini kembali membagikan ke TK Tunas Muda Kelurahan Jrebeng Wetan, TK Dharma Bhakti Kelurahan Kedunggaleng dan TK Kencana Kelurahan Pakistaji bersamaan dengan acara cangkrukan.
    Besok (13/12) diagendakan pembagian olahan ikan untuk TK Kartini, TK Bunga Bangsa dan TK Pusporini di Alun-alun. Sedangkan Kamis (14/12) wali kota akan mendatangi TK Al-Ikhlas Kecamatan Kademangan dan TK Ceria Kelurahan Jrebeng Kulon. (famydecta/humas)

UMBUL-UMBUL HARI JADI 659

SPANDUK HARI JADI 659

LOGO HARI JADI 659