foto1
foto1
foto1
foto1
foto1
0335-436103
humaskotaprob@gmail.com

 

KANIGARAN – Pemerintah Kota Probolinggo kembali mensosialisasikan pentingnya imuniasi kepada warganya. Kali ini, melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kota Probolinggo, Pemkot menggelar sosialisasi imunisasi dasar lengkap, Jum’at (9/3). Acara yang di gelar di Puri Manggala Bhakti itu diikuti oleh 115 kader Posyandu se- Kota Probolinggo. 

Seperti kita ketahui, imunisasi merupakan upaya yang dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit dengan cara memasukkan bibit penyakit berbahaya yang telah dilemahkan (vaksin) ke dalam tubuh. Vaksin akan merangsang sistem kekebalan tubuh terhadap jenis antigen tersebut dimasa yang akan datang. Imunisasi boleh saja diberikan pada semua umur, namun beberapa imunisasi akan lebih efektif apabila diberikan sejak usia nol bulan sampai dengan 18 bulan.

Aman Suryaman, Kepala Bagian Kesra menyebutkan bahwa sosislisasi tersebut digelar guna memberikan kesadaran warga akan pentingnya imunisasi dasar lengkap. “ Sosialisasi ini untuk menambah wawasan dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya imunisasi dasar lengkap bagi bayi yang baru lahir,” ujarnya. 

Wali Kota Probolinggo, Rukmini menjelaskan pada hakekatnya masalah imunisasi tidak luput dari perhitungan untung dan rugi. “Dengan imunisasi anak pasti mendapat keuntungan bukan kerugian. Keuntungan imunisasi tidak terlihat secara langsung tetapi beberapa tahun yang akan datang,” ujar Rukmini. 

Rukmini meminta kepada Kader Posyandu untuk lebih sabar dan proaktif dalam menjalankan tugasnya. “Harus lebih perhatian kepada balita. Kalau ada anak yang belum imunisasi mohon dikunjungi rumahnya, diajak orang tuanya untuk mengimunisasikan putranya. Saya juga minta kepada Dinas Kesehatan untuk mengupdate jumlah Posyandu. Tolong direkap kalau ada Posyandu baru atau Posyandu yang sudah tidak aktif. Saat ini jumlah Posyandu kita sekitar 218,” tambah Rukmini. 

“Kader Posyandu juga harus bisa menyampaikan kepada ibu dan calon ibu betapa pentingnya imunisasi bagi pertumbuhan bayi. Imunisasi dapat memberikan kekebalan tubuh serta mencegah terjadinya infeksi tertentu. Jadi saya harap para Kader mampu meyakinkan Ibu-Ibu agar anaknya ikut imunisasi ,” pungkas Rukmini. (Mita _humas).