foto1
foto1
foto1
foto1
foto1
0335-436103
humaskotaprob@gmail.com

 

MAYANGAN – Setelah sehari sebelumnya memonitor Posyandu Wijaya Kusuma di Kelurahan Sukabumi, Jum’at (6/4) Wali Kota Rukmini melaksanakan monitoring di Posyandu Tunas Harapan, RT.02 RW. 07 Kelurahan Mangunharjo. Pagi itu, tercatat 47 anak di bawah dua tahun (Baduta) yang mendaftar imunisasi dasar lengkap. Wali Kota didampingi perwakilan dari Forum Koordinasi Kepala Daerah (Forkopimda) Kota Probolinggo.    

Plt. Kepala Puskesmas Jati, drg. Endah Ayu Lestari dalam laporannya menjelaskan tujuan dari kegiatan monitoring itu agar cakupan imunisasi dasar lengkap tercapai. “Tujuannya pertama untuk meningkatkan cakupan imunisasi dasar lengkap pada bayi dan anak di bawah dua tahun. Kedua, meningkatkan partisipasi masyarakat di dalam kegiatan posyandu, serta terlaksananya program Indonesia sehat melalui pendekatan keluarga,” ujar Ketua panitia kegiatan itu. 

Wali Kota sesaat sebelum memantau pelaksanaan imunisasi, mengapresiasi kegiatan posyandu. “Posyandu ini anggarannya swadaya dari masyarakat. Kegiatanyya juga dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat. Saya sangat bangga, posyandu kita berjalan dengan sangat baik,” ujar Rukmini. 

“Pelaksanaan imunisasi dasar kita ini terbaik di Jawa Timur. Kita harus mempertahankan prestasi ini. Kita harus mendukung peran posyandu dalam menyehatkan generasi bangsa kita. Untuk itu, saya minta dukungan seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan Forkopimda agar kegiatan imunisasi dasar lengkap di Kota Probolinggo dapat mencapai target yang sudah kita tetapkan. Saya juga meminta Bagian Humas dan Protokol untuk terus mempublikasikan kegiatan ini, agar masyarakat dapat informasi yang tepat tentang pelaksanaan imunisasi dasar lengkap,” tambah Wali Kota.

Wali Kota juga menerangkan system 5 meja dalam pelaksanaan kegiatan posyandu. “Setiap Posyandu itu ada 5 meja. Meja pertama pendaftaran balita, ibu hamil, dan menyusui. Meja kedua penimbangan balita. Meja ketiga pencatatan hasil penimbangan. Meja keempat penyuluhan dan pelayanan gizi. Keempat meja tersebut dilayani oleh kader Posyandu. Sementara meja kelima merupakan meja pelayanan kesehatan, dan ditangani oleh petugas dari Puskesmas,” pungkas Rukmini. (Abdurhamzah/humas)

Imunisasi Dasar lengkap

No.        Usia                       Jenis Imunisasi

1           0-24 Jam                  Hepatitis B

2           1 bulan                    BCG, Polio 1

3           2 bulan                     DPT, Hepatitis B, Haemophilus Influenza 1, Polio 2

4           3 bulan                    DPT, Hepatitis B, Haemophilus Influenza 2, Polio 3

5           4 bulan                    DPT, Hepatitis B, Haemophilus Influenza 3, Polio 4, IPV

                                             (Inactivated Polio Vaccine)

6           9 bulan                   MR (Measless Rubella)

7          18 Bulan                  DPT, HB, Hib, MR (Measless Rubella)

8           Kelas 1 SD             Campak, DT (Difteri Tetanus)

9           Kelas 2 SD             Td (Tetanus Difteri)

10        Kelas 3 SD              Td (Tetanus Difteri)