foto1
foto1
foto1
foto1
foto1
0335-436103
humaskotaprob@gmail.com


KANIGARAN- Bertempat di gedung Puri Manggala Bhakti Kantor Wali kota Probolinggo, digelar sosialisasi penanganan awal penderita Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) Tahun 2017 oleh Bagian Kesejahteraan Masyarakat Sekretariat Daerah Kota Probolinggo, Selasa (5/12).
Acara yang dibuka Wali Kota Probolinggo Rukmini. Ia didampingi oleh Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Aman Suryaman, beberapa Kepala Organisasi Pimpinan Daerah (OPD), narasumber dari RSUD Dr Soetomo Surabaya Saiful Alam dan narasumber dari Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Zainal Abidin.
Penderita ODGJ mempunyai gangguan dalam pikiran, perilaku dan perasaan yang termanifestasi  dalam bentuk sekumpulan gejala atau perubahan perilaku yang bermakna serta dapat menimbulkan penderitaan dan hambatan dalam menjalankan fungsinya sebagai manusia. Ada beberapa faktor penyebab gangguan jiwa yakni faktor keturunan, tekanan keluarga, minimnya pekerjaan, pergaulan, lingkungan dan ekonomi.
“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pembinaan penanganan awal penderita orang dengan gangguan jiwa. Meningkatkan wawasan kepada masyarakat akan pentingnya penanganan sejak dini kepada penderita orang dengan gangguan jiwa di Kota Probolinggo,” ujar Aman Suryaman.
Sementara itu Wali Kota Probolinggo Rukmini menegaskan kepada ketua Rukun Tetangga (RT) atau Rukun Warga (RW) untuk menginformasikan warganya yang mengalami gangguan jiwa agar semakin cepat mendapatkan pelayanan dan pengobatan sehingga kemungkinan bisa di sembuhkan. “Setelah sembuh  pasien tidak boleh dikucilkan. Kita sering ajak mereka berkomunikasi,” ujarnya. (noviati/humas)

UMBUL-UMBUL HARI JADI 659

SPANDUK HARI JADI 659

LOGO HARI JADI 659