foto1
foto1
foto1
foto1
foto1
0335-436103
humaskotaprob@gmail.com

 

 

“Pemerintah Kota Probolinggo mempunyai keinginan yang kuat untuk memperbaiki Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). Tentunya ini bukan sekedar meningkatkan nilai akan tetapi untuk meningkatkan kinerja yang akuntabel dan berorientasi pada hasil,” ujar Wali Kota Rukmini dihadapan tim evaluasi SAKIP Provinsi Jatim, Selasa (5/9) di Sabha Bina Pradja. 

Melalui evaluasi SAKIP, lanjut wali kota, inilah pemkot nantinya akan mengetahui kelemahan dan kekurangan SAKIP Pemkot Probolinggo yang selama ini tengah dijalankan. “Untuk itu dimohon kepada tim evaluator dari Provinsi Jawa Timur agar dapat memberikan masukan maupun bimbingan kepada kita semua terhadap progress implementasi SAKIP,” lanjutnya. 

Rukmini memaparkan, berdasarkan hasil evaluasi atas akuntabilitas kinerja instansi pemerintah tahun 2016, hasilnya menunjukkan Kota Probolinggo memperoleh nilai 51,11 atau predikat CC. Dari hasil tersebut, Pemkot Probolinggo mendapatkan rekomendasi review dokumen RPJMD (tujuan, sasaran dan indicator kinerja utama) dan renstra perangkat daerah, menerapkan anggaran berbasis kinerja dan memastikan bahwa perjanjian kinerja sebagai instrument manajemen monitoring dan evaluasi. 

Pemkot pun telah menindaklanjuti tersebut. Antara lain dengan melakukan review, bekerjasama dengan BPPT untuk penerapan sistem informasi manajemen perencanaan, penganggaran dan pelaporan (SIMRAL), penerapan perjanjian kinerja sampai dengan eselon IV. 

Perbaikan SAKIP di Kota Probolinggo telah dlakukan mulai awal tahun 2017 dengan beberapa tahapan. Termasuk mengikuti pra evaluasi SAKIP oleh Kementerian PAN dan RB, Biro Organisari Setda Provinsi Jatim yang menghasilkan rekomendasi untuk memperbaiki pohon kinerja dan melengkapinya sampai dengan penganggarannya. 

Nah, dari hasil penyederhaan tersebut tujuan pembangunan Pemkot Probolinggo berkurang sebesar 55 persen (dari 11 menjadi 5 tujuan), sasaran pembangunan berkurang 50 persen (dari 18 menjadi 9 sasaran), IKU berkurang sebesar 74,3 persen (dari 35 menjadi 9 IKU) dan jumlah program pembangunan berkurang 14,66 persen (semula 498 menjadi 425 program). 

Ada 20 Organsasi Perangkat Daerah (OPD) yang mengikuti evaluasi antara lain Inspektorat, Bappeda Litbang, Dinas Perikanan, Dinas Perhubungan, Dispenduk Capil, Dinas Kesehatan, DKUPP, Dinas PUPR, DLH, DPPPKB, Dinas Penanaman Modal dan PTSP, Disdikpora, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Disnaker, Disbudpar, Dinsos, BKPSDM, Sekretariat DPRD, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dan Kecamatan Mayangan. 

Ketua Tim Evaluator Sri Munawati menambahkan, masih banyak SAKIP di beberapa kota/kabupaten di Jawa Timur yang punya kelemahan. “Antara lain karena ketidakpahaman terjemahan bisi misi ke indikator pembangunan. Renstra OPD belum mengacu pada hasil tetapi hanya kegiatan saja. Inspektorat belum optimal mengevaluasi internal sehingga belum mampu untuk meningkatkan kinerja daerah,” tegasnya. 

Sri menyarankan agar OPD di Kota Probolinggo tetap terus meningkatkan kinerja, menjalankan program selaras dengan hasilnya dan meningkatkan evaluasi internal. “Program yang dijalankan jangan hanya untuk kegiatan saja tetapi harus dilihat capaian hasilnya,” imbuh dia. Melalui evaluasi ini, wali kota berharap nilai predikat akan meningkat dari CC menjadi B atau BB. (famydecta/humas)  

 

SAKIP 2017

LINK BADAN/DINAS

  • Badan Perencanaan Daerah dan Penelitian Pengembangan
  • Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM
  • Badan Penanggulangan Bencana Daerah
  • Badan Kesatuan Bangsa dan Politik
  • Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah
  • Dinas Perikanan
  • Dinas Kesehatan
  • Dinas Kebudayaan dan Pariwisata
  • Dinas Perhubungan
  • Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan
  • Dinas Komunikasi dan Informatika
  • Dinas Lingkungan Hidup
  • Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu
  • Dinas Perpustakaan dan Kearsipan
  • Dinas Perberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana

 

LINK BAGIAN/KANTOR

  • Bagian Administrasi Pembangunan
  • Bagian Administrasi Perekonomian
  • Bagian Hukum
  • Bagian Humas Dan Protokol
  • Bagian Kesejahraan Rakyat
  • Bagian Organisasi
  • Bagian Pemerintahan
  • Bagian Umum
  • Dinas Perpustakaan & Kearsipan
  • Inspektorat
  • Kantor Satpol. Pp
  • RSUD Dr. Moch. Saleh
  • Sekretariat Dewan
  • Sekretariat KPUD

LINK KECAMATAN

  • Kecamatan Mayangan
  • Kecamatan Kedopok
  • Kecamatan Wonoasih
  • Kecamatan Kademangan
  • Kecamatan Kanigaran