Nyare Jukok, Buka Gebyar Seni Sumpah Pemuda

image_pdfimage_print

Mayangan– Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-90 yang jatuh pada tanggal 28 Oktober kemarin, Pemerintah Kota Probolinggo menggelar Gebyar Seni, di Gedung Kesenian Kota Probolinggo, Senin (29/10) malam. Acara ini dihadiri oleh Wali Kota Probolinggo, Rukmini, Perwakilan Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Dearah , Para Asisten dan  Kepala Organisasi Pimpinan Daerah (OPD) Kota Probolinggo.

Kegiatan gebyar seni ini dibuka oleh penampilan  dari Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 4 Kota Probolinggo. Mereka menampilkan Musik Tradisi yang diberi judul “Nyare Jukok”. Menceritakan tentang suka duka sebagai nelayan yang sedang mencari ikan di laut.  Kelompok ini merupakan penyaji terbaik festival musik daerah tingkat Nasional 2017. Kelompok ini juga meraih juara 1 musik tradisi di Pekan Seni Pelajar Kota Probolinggo 2018.

Dilanjutkan penampilan Paduan Suara dari SMA Negeri 1 Kota Probolinggo. Mereka membawakan lagu dengan judul Rumah Kita dan Janger. Mereka peraih juara 1 Pekan Seni Pelajar Kota Probolinggo 2018. Antusiasme masyarakat sangat terlihat dengan padatnya gedung Kesenian yang berlokasi di sebelah Museum Probolinggo itu.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Probolinggo, M. Maskur menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk memeriahkan Hari Sumpah Pemuda dan memberikan hiburan kepada masyarakat. Juga sebagai wadah untuk menunjukkan bakat serta kreativitas yang dimiliki oleh generasi muda.

“Saya berharap kegiatan seperti ini bisa memberikan inspirasi kepada pemuda lainnya. Selain itu, kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk melestarikan budaya daerah,”ungkapnya

Wali Kota Rukmini menyampaikan, perkembangan teknologi saat ini mempunyai dampak negatif dan positif. Menghadapi hal tersebut, generasi muda harus bisa memilah informasi agar tidak terjadi gesekan antar masyarakat. 

“Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 90 ini, untuk mengetahui dan mengingat kembali sejarah terjadinnya Sumpah Pemuda serta membagun karakter pemuda di Kota Probolinggo. Kita bisa paham tujuan, makna dan manfaat dari Sumpah Pemuda. Saya berharap Pemuda Kota Probolinggo, mengelorakan semangat dan menjadi pelopor pembangunan sesuai dengan kompetensinnya,” Pungkas Wali Kota. (Noviati/Humas)

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.