Rakerkesda Mantapkan Program Prioritas

image_pdfimage_print

KADEMANGAN – Sasaran pembangunan kesehatan tahun 2015 – 2019 dibahas dalam Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda), Jumat (2/11). Rakerda kali ini digelar dengan tema “Sinergisme Pusat dan Daerah Dalam Mewujudkan Universal Health Coverage Melalui Percepatan Eliminasi Tubercolosis, Penurunan Stunting Dan Peningkatan Cakupan Serta Mutu Imunisasi, di Hall Bayuangga Bromo View Hotel.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan, NH Hidayati mengatakan maksud kegiatan ini untuk mensinkronisasi kebijakan urusan kesehatan Pemerintah Pusat, Provinsi dan Daerah. Mensinergikan implementasi prioritas program dan kegiatan kesehatan di Pemerintah Kota Probolinggo serta evaluasi telaah capaian kinerja Pemerintah Kota Probolinggo di bidang kesehatan. 

“Sedangkan tujuan yang akan dicapai dalam Rakerkesda kali ini untuk menerbitkan rekomendasi program prioritas kesehatan pada Pemerintah Kota Probolinggo Tahun 2018,” ujar Ida panggilan akrabnya.

Asisten Pemerintahan, Gogol Soedjarwo mengatakan Pemerintah mendayagunakan segenap potensi yang dimiliki, baik potensi Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten / Kota dan Masyarakat. Program Indonesia Sehat dilaksanakan dengan menegakkan tiga pilar utama. Yaitu, penerapan paradigma sehat, penguatan pelayanan kesehatan, dan pelaksanaan jaminan kesehatan nasional (JKN).

“Penerapan paradigma sehat dilakukan dengan strategi pengarusutamaan kesehatan dalam pembangunan, penguatan upaya promotif dan preventif, serta pemberdayaan masyarakat,” imbuh Gogol. 

Diharapkan, melalui acara ini, sinergitas instansi khususnya di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo dalam penanganan upaya kesehatan masyarakat dapat terealisasi dengan baik.Mita/Humas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.