Tari Kipas, Ramaikan Festival Kuwung Banyuwangi

image_pdfimage_print

BANYUWANGI . Kota Probolinggo mengirim kontingen keseniannya dalam festival Kuwung yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Sabtu (8/12). Festival Kuwung sendiri merupakan salah satu agenda wisata Kabupaten Banyuwangi yang banyak menyedot perhatian para pelaku wisata di tanah air. Pejabat Negara, Olahraga Wisata, Majalah Wisata dan beberapa perusahaan penerbangan juga hadir dalam festival kebanggan masyarakat Banyuwangi itu. 

Tari Kipas representasi Kota Probolinggo sebagai salah satu kontingen dalam festival itu. Tari ini mengangkat kehidupan masyarakat Probolinggo, di mana saat musim angin Gending tiba, Kota Probolinggo menjadi kota yang sejuk silir. Namun, musim panas berlalu, suasana Kota Probolinggo menjadi panas. Saat-saat masyarakat Kota Probolinggo banyak menggunakan kipas untuk menyejukkan diri. Kipas-kipas ini kemudian menjadi sebuah tradisi dari keseharian masyarakat Kota Probolinggo.

Dalam kesempatan itu, Kontingen Kota Probolinggo dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kota Probolinggo, Bambang Agus Suwignyo. Sekda menyerahkan cinderamata kepada Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas berupa miniatur Jaran Bodhag. Selain itu tarif Kipas, Kota Probolinggo juga mempertunjukkan mobil hias yang mirip potensi laut Kota Probolinggo. Hiasan mobil menggunakan Bunga hidup, yang banyak menyedot perhatian pengunjung, dan menjadikannya sebagai objek untuk berswa foto. 

Kepala Dinas Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Probolinggo, Suciati Ningsih mengaku sangat bangga dengan kontingen yang Ia bawa. “Kitaampilan sebagai pembuka. Kontingen kita tampil pertama. Ini merupakan kebanggan bagi Kota Probolinggo. Kami berharap, keikutsertaan Kota Probolinggo di festival Kuwung mampu lebih mengenalkan kota Probolinggo kepada masyarakat luas, ”ujar Suci, Kabid Pemasaran Pariwisata itu. (soni / humas)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.