DPRD Beri Rekomendasi LKPJ AMJ Wali Kota

image_pdfimage_print

MAYANGAN – Jelang akhir jabatan Wali Kota Probolinggo Rukmini, DPRD menggelar rapat paripurna istimewa dengan acara penyampaian rekomendasi DPRD Kota Probolinggo terhadap laporan keterangan penanggung jawaban akhir masa jabatan (LKPJ AMJ) Wali Kota Probolinggo masa bhakti 2014-2019.  Rapat digelar di ruang sidang utama DPRD Kota Probolinggo, Kamis (20/12). 

Rapat Paripurna dihadiri Wali Kota Rukmini, para asisten dan staf ahli, perwakilan forkopimda, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat dan lurah se Kota Probolinggo, perwakilan partai politik, organisasi masyarakat serta Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Rapat tersebut dipimpin Ketua DPRD Kota Probolinggo, Agus Rudiyanto Ghaffur didampingi oleh dua wakilnya. 

Wakil Ketua DPRD Roy Amran menyampaikan, setiap akhir masa jabatan wali kota dan wakil wali kota berkewajiban untuk mengevaluasi kinerja pemerintah daerah pada akhir masa jabatan. Menilai keberhasilan dan pencapaian janji politik yang berupa visi dan misi kepala daerah yang telah ditetapkan RPJMD 2014-2019.

Ia menjelaskan, gambaran umum Kota Probolinggo, mulai dari capaian indikator makro ekonomi dan sosial daerah, capaian indikator kinerja keuangan daerah, capaian indikator kinerja visi, misi tujuan dan sasaran daerah serta capaian indikator kinerja per urusan. “Selama periode 2014-2019 indikator makro di Kota Probolinggo, mengalami peningkatan. Hal ini menjadi salah satu indikasi bahwa tingkat kesejahteraan masyarakat Kota Probolinggo, selama kurun lima tahun ini meningkat lebih baik,” jelas Roy.

Laju pertumbuhan ekonomi, beber Roy, bergerak fluktuatif, selama kurun 3 tahun terakhir perubahannya cenderung stagnan. Di tahun 2017 ekonomi tumbuh besar 5,88 persen sumber dari Badan Pusat Statistik (BPS). Sama dengan di tahun 2016 sebesar 5,88 persen dan tahun 2015 laju pertumbuhan ekonomi sebesar 5,86 persen. Untuk capaian kinerja keuangan daerah, pendapatan daerah selama 4 tahun periode anggaran tahun 2014-2017 selalu melampaui target atau realisasi pendapatan daerah melampaui target dari APBD. 

Dia juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas keberhasilan Pemerintah Kota Probolinggo banyak meraih penghargaan di tahun 2014 sampai 2018. Penghargaan yang diraih oleh Pemerintah Daerah Kota Probolinggo di ujung masa jabatan Wali Kota Probolinggo di tahun 2018.  

Salah satunya  Penghargaan Pastika Parama, Penghargaan Kota Layak Anak, Penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik, Penghargaan Opini Wajar Tampa Pengecualian (WTP) serta Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE). “Semoga prestasi-prestasi yang telah diraih Pemerintah Kota Probolinggo dipertahankan dan kedepannya lebih baik lagi,” ujar Roy. (noviati/humas)

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.