Peringati Hari Ibu, Gelar Upacara Hingga Berbagai Lomba

image_pdfimage_print

KANIGARAN – Banyak cara yang dilakukan Pemerintah Kota Probolinggo dalam memperingati Hari Ibu, yang sejatinya jatuh pada 22 Desember. Seperti yang terlihat Jumat (21/12) pagi, diawali upacara bendera yang diinspekturi Wali Kota Rukmini, kemudian dilanjutkan lomba memasak nasi goreng oleh bapak-bapak dan lomba fashion show untuk kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan istri. 

Peringatan Hari Ibu (PHI) diharapkan mendorong semua pemangku kepentingan untuk memberikan perhatian, pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan. PHI juga diharapkan dapat membawa pengaruh positif bagi peningkatan kualitas hidup, pemenuhan hak dan kemajuan perempuan. 

“Perempuan dalam berbagai dimensi kehidupan berbangsa dan bernegara, mampu menjadi motor penggerak dan motor perubahan (agent of change). Perempuan Indonesia masa kini adalah perempuan yang sadar dan memahami memilik hak dan kewajiban yang sama dengan laki-laki,” kata Wali Kota Rukmini, saat membacakan sambutan upacara. 

Usai upacara, para peserta pun bersiap lomba. Peserta lomba nasi goreng diikuti kepala OPD dari eselon 3 seperti para kepala bagian, camat dan kepala pelaksana BPBD. Sedangkan kepala OPD eselon 2 menjadi peserta lomba fashion show. 

“Karena ini adalah Hari Ibu, kami ingin memeriahkannya dengan cara mengambil peran sebagai Ibu. Seorang Ibu kan biasanya sibuk di dapur, jadi hari ini (21/12) bapak-bapak menggantikan peran Ibu dengan memasak nasi goreng. Biar bapak-bapaknya ikut merasakan,” ujar Ketua Panitia, Sugito Prasetyo. 

Masih di halaman parkir belakang kantor wali kota, lomba fashion show pun berlangsung seru dan kocak. Sebanyak 17 kepala OPD bersama pasangannya berlenggak-lenggok memeragakan busana nasional yang dikenakan. Gelak tawa dan riuhnya tepuk tangan memeriahkan fashion show di teriknya panas matahari itu. 

Juara pertama lomba nasi goreng dimenangkan oleh Nasgor Sae Ongguh bikinan Kecamatan Wonoasih, disusul Nasgor Kelapa Muda buatan Kecamatan mayangan dan Nasgor Sushi Baper dari Bagian Administrasi Pembangunan. 

Sedangkan lomba fashion show yang jadi juara Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Satpol PP, Dinas Perikanan, PDAM dan juara favorit Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga. (famydecta/humas)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.