Luncurkan Buku Pengabdian Wali Kota Rukmini

image_pdfimage_print

KANIGARAN – Atas apresiasinya kepada Wali Kota Rukmini, Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kota Probolinggo menyusun sebuah buku. Buku berjudul “Kiprah Rukmini Wali Kota Perempuan Pertama di Bumi Banger” itu di-launching Senin (21/1) oleh Wali Kota Rukmini, saat upacara bendera. 

“Buku ini persembahan kami, penghargaan kami kepada Ibu Wali Kota atas pengabdiannya kepada masyarakat Kota Probolinggo. Semoga buku ini bisa memberikan pengetahuan yang lebih luas kepada masyarakat tentang siapa, bagaimana dan apa saja sih yang dilakukan oleh wali kota dan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) selama beliau menjabat,” jelas Kabag Humas dan Protokol, Mardi Prihatini. 

Sebanyak 1200 buku siap diluncurkan ke pihak sekolah, perpustakaan, OPD, perbankan, instansi vertikal, bupati/wali kota se Jawa Timur, sejumlah kementerian serta masyarakat yang membutuhkan. Buku setebal 161 halaman itu berisi beberapa bagian, bagian 1 tentang Sosok Rukmini; bagian 2 Probolinggo di era Rukmini; bagian 3 Kata Mereka Tentang Rukmini dan diakhiri galeri foto. 

“Bulan Juli kami start untuk mengonsep kemudian turun ke lapangan. Sekitar bulan November sudah masuk layout, selesai finishing kemudian naik cetak. Alhamdulillah buku ini bisa terselesaikan, saya mengakui semangat teman-teman tim ini sungguh luar biasa. Karena mencari data, melakukan wawancara hingga menulisnya itu tidak mudah,” imbuh Kasubag Komunikasi Kepala Daerah (KKD) Dhoni Harto Hariadi. 

Ya, penyusunan, editor hingga layout buku ini dilakukan sendiri oleh tim dari Bagian Humas dan Protokol. Mereka ialah Famy Decta Maulida, Alfien Handiansyah, Hariyanti Agustina, Abdur Rohman Hamzah, Malinda Bulgis, Umi Miftahul Jannah, Noviati Ningsih dan Soni. Sedangkan layout/desain Agus Sugiantoro. 

“Untuk foto-foto kami dapat dari arsip keluarga Ibu Rukmini dan dokumentasi dari Bagian Humas dan Protokol sendiri,” imbuh Mardi, mantan Sekretaris Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) itu. 

Koordinator tim penyusun buku, Alfien Handiansyah berharap, melalui buku tersebut dapat membawa pembaca melihat masa lalu seperti apa Rukmini di mata keluarga hingga ia bisa memimpin sebuah kota. Ia memang wali kota perempuan pertama di Kota Probolinggo. “Alhamdulillah buku ini bisa terselesaikan tepat waktu. Dan, buku ini merupakan karya pertama Bagian Humas dan Protokol yang tidak melibatkan pihak ketiga tetapi kami susun sendiri,” ujarnya. 

Saat upacara, Wali Kota Rukmini menyerahkan tiga buku yang sudah dibubuhi tandatangannya secara simbolis kepada kepala OPD. “Semoga buku ini menjadi inspirasi, semoga bermanfaat, sebagai referensi dan sebagai kenangan,” tulis Rukmini dalam buku yang ia tandatangani. 

Kepala Dinas Kominfo Aman Suryaman, satu dari tiga kepala OPD yang menerima buku secara simbolis dari wali kota. Menurutnya, buku tersebut bisa sebagai referensi dan sumber inspirasi bagi pembaca. Secara detail buku ini mengupas sosok Rukmini sebagai seorang ibu sekaligus pemimpin di Kota Probolinggo. 

“Dengan segala prestasi yang ditorehkan selama beliau menjabat dapat menjadi motivasi bagi semua pembaca untuk mencurahkan segala kemampuan untuk berkarya membangun Kota Probolinggo tercinta. Perjuangannya, semangatnya serta kasih sayangnya akan dikenang sebagai wali kota perempuan pertama di Bumi Banger ini,” kata Aman, yang mengaku sudah membaca buku tersebut. (famydecta/humas)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.