Kerjasama Ciptakan Suasana Kondusif 

image_pdfimage_print

MAYANGAN – Untuk menciptakan suasana yang aman dan kondusif, diperlukan sinergitas antara aparat keamanan dan masyarakat. Selain itu peranan pemerintah juga sangat diperlukan dalam menjaga keamanan, ketertiban dan ketentraman. Maka dari itu diperlukan kerjasama antara Polri, TNI dan Pemerintah Daerah untuk menciptakan suasana yang kondusif.

Badan Kesbangpol setempat menggelar Rapat Koordinasi (rakor) terkait rencana aksi terpadu penanganan konflik sosial, di ruang pertemuan Badan Kesbangpol, Selasa (29/1). Acara tersebut dihadiri Kabag Ops Polres Probolinggo Kota Kompol Bunari, Pasi Ops Kodim 0820 Probolinggo Kapten Djoko Slamet dan Kasubid Kajian Integrasi Bangsa Bakesbangpol Edi Trisula.

Kasubid Kajian Integrasi Bangsa Edi Trisula mengatakan, dengan adanya rakor ini sangat diperlukan untuk sebagai upaya untuk mengurangi konflik sosial di kemudian hari. “Saya berharap dengan adanya rakor ini, kita dapat menghasilkan rumusan yang konstruktif dalam upaya mengantisipasi konflik sosial yang akan terjadi di Kota Probolinggo,” harapnya.

Sedangkan Kabag Ops Kompol Bunari menyampaikan, dalam pencegahan konflik sosial bukan lagi dengan cara pendekatan keamanan dan pembangunan fisik saja, tetapi juga pendekatan budaya serta nilai-nilai luhur yang dimilki oleh bangsa Indonesia, yakni dengan bergotong royong, menghormati perbedaan dan peduli sesama.

“Saya harap dengan adanya pertemuan ini, nanti kita dapat memberikan arahan kepada masyarakat Kota Probolinggo cara mencegah terjadinya konflik sosial, sehingga Kota Probolinggo akan terhindar dari konflik sosial,” kata Bunari. (soni/humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published.