Gugatan Terhadap RSUD Dicabut

image_pdfimage_print

Mayangan– Selasa siang, (29/1), di ruang sidang Pengadilan Negeri Kota Probolinggo, kembali di gelar sidang gugatan warga Tongas terhadap RSUD dr. Moch. Saleh Kota Probolinggo dan BPJS Kesehatan. Jika sebelumnya, Hanifah, istri pasien Sudarman, 58, yang meninggal setelah ditolak saat hendak berobat di Poli jantung RSUD menggugat pihak RSUD dan BPJS Kesehatan dengan tuntutan Rp 1 triliun dan Rp 26 Juta dengan tuduhan melakukan perbuatan melanggar hukum.

Namun siang itu, sidang yang dipimpin oleh hakim Sylvia Yudhiastika beragendakan pencabutan gugatan oleh pihak kuasa hukum penggugat Farid Budi Hermawan. Kuasa hukum penggugat mengatakan pencabutan gugatan ini telah melalui persetujuan keluarga almarhum Sudirman.

Dalam persidangan nampak hadir, para tergugat yaitu Kepala BPJS Cabang Pasuruan Debby Nianta Musigiasari dan Kepala Kantor BPJS Kota Probolinggo Mira Estherin. Sedangkan dari pihak rumah sakit yakni Plt Direktur RSUD dr. Moch. Saleh drg. Rubiyati dan Wadir Yanmed dr. Taufiqurrohman.

Karena kedua belah pihak bersepakat dengan pencabutan gugatan, Hakim Ketua kemudian membacakan berkas pencabutan gugatan dan menutup sidang pada siang hari itu. Saat ditemui setelah  persidangan, kuasa hukum pengugat mengatakan bahwa pencabutan gugatan dilakukan berdasarkan permintaan dari Hanifah. “Saya berharap, permasalahan yang dialami oleh almarhum Sudarman menjadi pelajaran buat semua pihak, terutama rumah sakit sehingga tidak terulang kembali. Serta bisa memberikan perhatian lebih kepada keluarga almarhum,” ungkap Farid yang juga merupakan tetangga dari almarhum.

Sementara itu, Kuasa hukum tergugat Kasi Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan Negeri Probolinggo, Elan mengatakan bahwa pencabutan gugatan oleh pihak penggugat merupakan hak penggugat. “Saya tahu, bahwa penggugat akan mencabut gugatannya tersebut saat sidang sebelumnya. Hal ini dikarenakan selama sidang berlangsung, Hanifa istri dari almarhum tidak pernah dihadirkan,” ungkapnya. (Malinda/Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published.