Peduli Korban Tsunami Banten, Pemkot Salurkan Donasi

image_pdfimage_print

Kanigaran – Selama tahun 2018 lalu, bencana alam banyak terjadi di Indonesia. Ada beberapa daerah yang mengalami bencana, salah satunnya di daerah Lombok, Sulawesi tengah. Di akhir tahun 2018,  tepatnya tanggal 22 Desember, bencana tsunami juga menerjang pantai sekitar Selat Sunda, tepatnya di Kabupaten Pandeglang Banten serang.

Untuk membantu meringankan para korban bencana di Daerah di Selat Sunda, Pemerintah Kota Probolinggo melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Probolinggo  menyerahkan bantuan dari masyarakat Kota Probolinggo kepada harian Jawa Pos Radar Bromo, Selasa (29/1), di ruang Sekretaris Daerah Kota Probolinggo.

Kepala BPBD Kota Probolinggo, Prijo Djatmiko menyampaikan ini ketiga kalinya bantuan yang di himpun oleh BPBD untuk disalurkan kepada korban bencana yang menimpa di daerah Lombok utara, Sulawesi Tengah dan di Selat Sunda, Kabupaten Pandeglang Banten Serang. Jumlah donasi yang terkumpul mencapai Rp. 139.686.500 dan beberapa pakaian pemberian dari dunia usaha/ swasta.

“Dana tersebut dihimpun selama sebulan, sejak tanggal 26 Desember lalu sampai tanggal 25 Januari 2019. Bantuan tersebut dari masyarakat Kota Probolinggo, Aparatur Sipil Negara (ASN), Sekolah serta dunia usaha. Dari sekolah dihimpun melalui Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Probolinggo.  Donasi tersebut di salurkan kepada Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Probolinggo sebesar Rp. 30 juta sedangkan yang disalurkan melalui Jawa Pos Radar Bromo sebesar Rp. 109.686,500,” ujarnya.

Perwakilan dari Jawa Pos Radar Bromo, Radfan Faisal menyampaikan terima kasih kepada pemerintah atas kepercayaannya terhadap Radar Bromo untuk menyalurkan sebagian donasi yang terkumpul. Penyaluran bantuan Radar Bromo nantinya akan bekerjasama dengan BSMI ( Bulan Sabit Merah Indonesia). Dana tersebut terlebih dahulu masuk di rekening donasi Radar Bromo kemudian akan disalurkan ke rekening BSMI.

Pihak BSMI secara periodik melaporkan rincian penggunaan donasi kepada Radar Bromo, termasuk rincian donasi yang digunakan untuk perbaikan infrastruktur. Sedangkan dari pihak Radar Bromo sendiri, transparansi penggunaan donasi dipublikasikan kepada masyarakat, pembaca maupun donatur, dalam bentuk berita. “Semoga bantuan tersebut bisa meringankan beban para korban bencana. Dan bantuan ini akan secepatnya dikirim,” jelas Radfan.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Probolinggo, Bambang Agus Suwignyo menyampaikan terima kasih kepada donatur yang telah memberikan sebagian rejekinya untuk berbagi kepada korban bencana yang menimpa di Selat Sunda. Dana tersebut dikumpulkan dan disalurkan kepada daerah yang terkena bencana alam. “Saya berharap tidak hanya dari pihak ASN saja, tetapi masyarakat juga mau menyumbangkan sebagian rejekinya. Penyalurannya bisa melalui Radar Bromo,” harapnya.

Dilanjutkan penandatangan berita acara dan penyerahan donasi dari Pemerintah Kota Probolinggo dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris daerah kota Probolinggo, kepada Jawa Pos Radar Bromo Kota Probolinggo. (noviati/humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published.