Jalin Silaturahmi dengan Forkopimda, Komitmen Bangun Kota Bersama

image_pdfimage_print

PROBOLINGGO–Pesan Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, agar kepala daerah selalu menjaga komunikasi, jadi perhatian Wali Kota dan Wawali Probolinggo,  Hadi Zainal Abidin-HMS Subri. 

Usai menyapa sejumlah pegawai pemkot di hari pertama ngantor usai dilantik , Habib Hadi bersama HMS Subri juga bersilaturahmi ke jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kamis (31/1). 

Saat berkunjung ke sejumlah anggota Forkopimda itu, Habib Hadi-HMS Subri didampingi Kepala Bappeda Litbang Rey Suwigtyo. Mereka berkunjung ke DPRD, Kodim 0820 dan berakhir di kantor kejari setempat. 

Tepat pukul 14.20, orang nomor satu di Kota Probolinggo itu tiba di kantor DPRD di Jalan Suroyo. Habib Hadi-HMS Subri disambut Wakil Ketua DPRD, Mukhlas Kurniawan dan Roy Amran serta para pimpinan Alat Kelengkapan Dewan. 

“Selamat datang di DPRD. Ini-lah kantor kami, rumah kami, rumah rakyat. Dimana di tempat inilah rakyat bisa mengadu, menyampaikan aspirasinya kepada kami,” tutur Mukhlas, yang menerima kunjungan wali kota di ruang sidang utama.

 

Jalin Komunikasi dengan Dewan

Di depan legislatif dan jajaran sekretariat DPRD, Wali Kota Habib Hadi mengatakan, ia berkomitmen sejak awal melaksanakan tugas menjadi wali kota setelah dilantik. Ia ingin membangun komunikasi dan sinergitas yang baik dengan dewan.

Sehingga ke depan, dalam perjalanan pemerintahannya tidak ada kendala atau miskomunikasi. “Sambutannya sangat luar biasa. Padahal maksud saya cuma ngopi-ngopi saja. Adanya silaturahmi ini seperti istilah, tak kenal maka tak sayang. Saya tidak ingin ada opini-opini yang dikembangkan. Mudah-mudahan ke depan bisa duduk bersama melakukan sesuatu hal yang baik untuk Kota Probolinggo,” kata politisi PKB itu.  

Menurutnya, peran DPRD juga sangat strategis dalam pembangunan daerah. “Ke depan, kami ingin bertukar pikiran. Mengambil langkah, kita diskusi untuk membicarakan kebijakan ke depan agar saling mengerti dan memahami program jangka pendek, menengah dan panjang yang kami susun,” terang Habib Hadi pada para wakil rakyat. 

 Pada kesempatan itu, wali kota juga menginformasikan jika ia sudah menyampaikan ke Gubernur Jawa Timur Soekarwo usai dilantik, Rabu (30/1). Bahwa di Kota Probolinggo usai pilkada, H+1 semua pasangan calon duduk bersama saling legowo menerima hasil pilkada yang difasilitasi Kapolres Probolinggo Kota AKBP Alfian Nurrizal. 

“Perbedaan tidak akan membuat kita tidak bisa berjalan seiring seirama. Kota Probolinggo menjadi contoh, melalui kegiatan yang dilakukan kapolres. Pilkada bukan persaingan atau permusuhan tetapi adu konsep, adu gagasan untuk membangun kota tercinta,” terang Habib Hadi. 

Ia berharap dalam mengambil keputusan dan kebijakan nantinya, bisa saling memahami dan sesuai harapan bersama. 

Sementara itu, Wawali HMS Subri menambahkan antara eksekutif, legislatif dan yudikatif dapat berjalan dengan baik. Baik kepala daerah dan legislatif semua beridentitas KTP di Kota Probolinggo, yang didiskusikan adalah warga Kota Probolinggo.

Artinya, apapun yang didiskusikan dalam pemerintahan nantinya adalah warga Kota Probolinggo sendiri. Apapun ukuran dan caranya, tujuannya adalah untuk kebaikan masyarakat di Kota Probolinggo. 

“Perbedaan itu biasa, bukan suatu yang luar biasa. Kalau tidak beda itu tidak cantik. Perbedaan ini di kedepankan jadi komoditas yang membuat sesuatu yang sulit menjadi mudah. Bersama-sama menata Kota probolinggo, tidak hanya diluar tetapi juga didalam anggota legislatif. Mari membangun habit komunikasi yang santun, yang baik,” harap pengusaha konstruksi itu. 

Rencanakan Tambah Koramil 

Usai dari kantor DPRD, Wali Kota Habib Hadi-Wawali HMS Subri berkunjung ke Markas Kodim 0820 Probolinggo. Sekitar pukul 15.00, Dandim 0820 Probolinggo Letkol Inf Imam Wibowo menyambut rombongan di pelataran Makodim. 

Dandim mengaku sangat tersanjung atas kunjungan pasangan kepala daerah tersebut. Kepada wali kota dan wawali, Letkol Inf Imam Wibowo membeberkan tentang susunan instansi dan tugas fungsinya. Intinya, pihak Kodim siap bekerjasama dengan Pemerintah Kota Probolinggo sesuai dengan tugas fungsi TNI. 

Dandim pun mengusulkan adanya tambahan Koramil. Mengingat, saat ini hanya ada dua Koramil (Mayangan dan Wonoasih) yang meng-cover lima kecamatan di Kota Probolinggo. “Ada dua koramil, sedangkan kecamatannya ada lima. Jika Pak Wali bersedia, kami siap membuat organisasi baru. Kami siap,” kata Letkol Inf Imam Wibowo. 

Ungkapan itu pun direspon positif Wali Kota Habib Hadi setelah ia berkoordinasi dengan Kepala Bappeda Litbang Rey Suwigtyo. Masukan terkait pendirian Koramil akan diupayakan. Syukur-syukur jika setiap kecamatan bisa ada Koramil. 

“Mengenai kesiapan dan fasilitas pendukung lainnya akan kami usahakan cepat terwujud. Koramil baru ini urgent  terkait tingkat keamanan, pelayanan cepat dan tepat. Dengan penambahan Koramil, masyarakat lebih aman, bisa lebih bersinergi menjaga kamtibmas dan tentunya berdampak positif bagi kalangan masyarakat,” ungkap Habib Hadi. Kunjungan ke Kodim itu, diakhiri dengan salat berjamaah di Masjid Kodim 0820 Probolinggo.

Saling Mengisi untuk Kebaikan

Selanjutnya, wali kota bersama wawali melanjutkan menyapa Kajari Kota Probolinggo, Martiul di kantornya di Jalan Mastrip. Sekitar setengah jam berada di ruangan kajari, mereka berbincang santai tentang banyak hal yang berkaitan dengan sinergitas Forkopimda.  

Habib Hadi menjelaskan, poin penting dari silaturahimnya ke Forkopimda adalah membangun komunikasi dan menjalin hubungan. Sehingga, ke depan bisa menjalin komunikasi yang lebih dalam dan lebih terbuka. Saling mengisi untuk kebaikan Kota Probolinggo. 

“Melalui silaturahim Forkopimda, kami tunjukkan komitmen bersama-sama. Apa yang jadi harapan masyarakat, Insyaallah bisa berjalan dengan baik,” tutur suami dari Aminah Hadi Zainal Abidin ini. 

Habib Hadi dan HMS Subri pun sempat meninjau kantor baru Kejari yang baru ditempati pada akhir Desember 2018 lalu. Mereka melihat bangunan lama yang terdiri dari penjara, musala dan ruang diversi anak. 

Sedangkan di gedung baru, ada ruangan para penyidik, TU, ruang kajari. Rencananya gedung tersebut akan diresmikan Februari mendatang. 

Dalam roadshow-nya, Habib Hadi belum ke Kapolres Probolinggo Kota karena informasinya, Kapolresta sedang tidak enak badan. “Akan kami jadwalkan lagi ke Pak Kapolresta,” sambung Habib diamini wawali. (famydecta/humas)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.