Perdana, Kota Probolinggo Jadi Tuan Rumah Jr NBA

image_pdfimage_print

Kedopok – Untuk pertama kalinya, Kota Probolinggo menjadi tuan rumah Junior (Jr) NBA Coaches Academy yang digelar oleh NBA (National BasketBall Association). Sebelumnya, Jr NBA ini juga hadir di Jakarta. Rupanya tak mudah menjadi tuan rumah dari Jr NBA, dimana ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Seperti, harus mempunyai GOR (Gedung Olah Raga) berstandar nasional, parkir standar nasional, serta harus diikuti minimal 1.500 lembaga dengan jumlah peserta minimal 2000.

Menurut Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga pada Disdikpora (Dinas Pendidikan, Pemuda Dan Olah Raga), Didit Irwanto, mengingat di Kota Probolinggo hanya ada sekitar 660 lembaga, pihaknya menggandeng lembaga di daerah lain untuk mengikuti ajang ini. “Akhirnya kami bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo, Pasuruan dan Lumajang. Sehingga hari ini hadir sekitar 1.800 lembaga.

“Setiap lembaga mengirimkan satu guru olah raga, yang akan mengikuti workshop tentang pedoman dan memfasilitasi anak-anak. Termasuk panduan pelatihan dengan kurikulum program di sekolah dan ekstrakurikuler. Tak hanya itu, para peserta juga mendapatkan kontribusi berupa satu kaos, satu bola basket, sertifikat, kurikulum basket, serta snack dan makan siang gratis dari NBA,” jelas Didit.

Tindak lanjut dari kegiatan ini nantinya, akan ada penunjukan salah satu sekolah yang akan disurvei dan diberikan pendidikan bola basket. Dengan tujuan menjaring pemain basket yang bagus sejak dini. “Saya berharap, pemain basket yang terpendam dari usia dini bisa dibina langsung oleh NBA, sehingga menjadi atlit yang berpotensial dan mengharumkan nama Kota Probolinggo,” sambung Didit.

Wali Kota Hadi Zainal Abidin yang pagi itu hadir, menyampaikan bahwa ia bangga Kota Probolinggo menjadi tuan rumah dari Jr NBA. “Ini merupakan hal positif bagi anak-anak kita, untuk bisa menyalurkan bakatnya sedini mungkin khususnya pada olah raga basket. Semoga nantinya banyak yang berprestasi melalui NBA ini,” harap wali kota yang baru dilantik ini.

Pagi itu, tak tanggung-tanggung NBA menghadirkan coach Natalia dari Portugal, coach Jade dari USA, dan coach Mike dari Jakarta. Tak ayal, banyak peserta yang berebut foto bersama dengan mereka. (Malinda/Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published.