KPU Ajak Pemkot Sukseskan Pemilu 2019

image_pdfimage_print

KANIGARAN – Perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu) di Kota Probolinggo semakin dekat. Untuk itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Probolinggo melakukan audiensi bersama dengan Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin, bertempat di ruang transit Wali Kota Probolinggo, Senin (11/2).

Dalam kesempatan itu, Ketua KPU Kota Probolinggo, Ahmad Hudri menyampaikan beberapa hal laporan kegiatan dan evaluasi pada Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) tahun 2018 lalu, serta evaluasi persiapan Pemilu yang akan diselenggarakan pada bulan April mendatang.

“Pilkada tahun 2018 lalu, sudah berjalan dengan lancar dan kondusif. Dan, KPU Kota Probolinggo sudah melebihi target. Partisipasi untuk target Nasional ditetapkan 77,5 persen sedangkan Kota Probolinggo mencapai 83 persen. Partisipasi Kota Probolinggo peringkat ke 2 se Jawa Timur,” ujar Hudri.

Pemilu 2019 ini sebagai puncak pesta demokrasi 5 tahunan yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 April mendatang. Pemilu sekarang sangatlah berbeda dengan Pilkada,  selain Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Wakil Presiden juga pemilihan Legislatif (Pileg). Untuk itu Hudri menyampaikan,  Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kota Probolinggo sejumlah 167.834. Serta kampanye yang akan dilaksanakan mulai 23 Maret mendatang. Ada beberapa lokasi untuk kampanye, salah satunya Lapangan Kebonsari, Stadion Bayuangga dan Alun-alun Kota Probolinggo.

Hudri juga menyampaikan salah satu kendala atau permasalahan pada pemilu kali ini, kemungkinan pada pelaksanaan rekap suara yang menghabiskan waktu di tingkat KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara).

Pada kesempatan tersebut, Hudri meminta dukungan dari Pemerintah Kota Probolinggo dalam rangka untuk meningkatkan partisipasi masyarakat  di Kota Probolinggo. KPU terbebani  dengan partisipasi masyarakat secara Nasional dengan target 77,5 persen. Oleh karena itu, dengan dukungan dari Pemerintah setempat melalui berbagai kegiatan sosialisasi persiapan pemilu. “Saya berharap pemilu di tahun 2019 ini, jumlah partisipasi masyarakat setidaknya melebihi target Nasional tercapai,” harapnya.

Menanggapi hal ini, Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin berharap KPU dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. KPU dengan Pemerintah berkomitmen untuk menyukseskan pesta demokrasi ini. Untuk lokasi kampanye khususnya di Alun-alun Kota Probolinggo berdekatan dengan Masjid Agung, KPU harus koordinasi kepada takmir masjid tersebut. Kampanye ini untuk mengumpulkan masa sebagai daya tarik masyarakat untuk meramaikan pesta demokrasi.

 Terkait sejumlah persoalan yang dihadapi KPU, Habib Hadi mengatakan akan berupaya membantu untuk mencarikan solusinya. “Pemerintah mendukung untuk menyukseskan pemilu mendatang.  Mudah-mudahan pemilu tahun 2019 ini sukses, lancar dan kondusif,” ujarnya. Saat audiensi, KPU menyerahkan buku  Laporan dan buku penyelenggaraan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Probolinggo Tahun 2018 serta Maskot KPU Kota Probolinggo ”Prabu Linggih”. (noviati/humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published.