Seleksi Calon Kafilah MTQ Jatim Dimulai 

image_pdfimage_print

KANIGARAN – Sebanyak 150 calon kafilah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Jawa Timur ke XXVIII tahun 2019 mulai mendapatkan pembinaan dan ikut seleksi. Kamis (14/2), Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin membuka kegiatan tersebut di Sabha Bina Pradja.

Mereka yang mengikuti seleksi ini adalah para pemenang  juara 1 hingga harapan 3 MTQ tingkat Kota Probolinggo tahun 2018 lalu. Cabang MTQ yang diikuti adalah tartil quran, tilawah (anak, remaja dan dewasa), syarmil quran, fahmil quran, tahfid, dekorasi, naskah dan hias mushaf.

“Kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan peserta sekaligus penataan ulang dan seleksi akhir mengikuti MTQ Provinsi Jatim. Serta mengasah kemampuan dan kualitas peserta menjadi lebih baik,” jelas Kabag Kesra Chairul Anam, saat menyampaikan laporannya.

Wali Kota Habib Hadi, nampak hadir didampingi Wawali HMS Subri, Sekda Bambang Agus Suwignyo dan Dewan Hakim Kiai Aziz RM. Di hadapan peserta serta guru pendamping, Habib Hadi menjelaskan, MTQ sangat baik untuk meningkatkan minat dan seni membaca al-quran serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Membudayakan membaca alquran di masyarakat. Inilah tantangan ke depan, mendorong generasi muda untuk ikut serta budayakan alquran dan kewajiban kita sebagai umat Islam,” katanya.

Dengan mengikuti pembinaan selama enam bulan, diharapkan dapat mengasah kemampuan kafilah lebih baik lagi menuju MTQ Jawa Timur. Disamping itu perlunya dukungan dari orangtua dan pihak sekolah agar proses menuju seleksi bisa lebih mudah.

“Terimakasih kepada para pembina yang bersedia membimbing. Semoga anak-anak ini dapat memberikan yang terbaik. Menjaga dan mengharumkan nama baik Kota Probolinggo. Insyaallah kami, Pemerintah Kota Probolinggo akan selalu mendukung,” tutur Habib Hadi.

Tahun 2017 lalu, Kota Probolinggo pernah meraih juara 2 MTQ tingkat Provinsi Jatim di cabang naskah (kaligrafi). Pembinaan dan seleksi akan berlangsung setiap hari Kamis di Masjid Al Ikhlas Pemkot, Masjid Kodim 0820, Sabha Bina Pradja dan Gedung Hayam Wuruk. (famydecta/humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published.