Titipkan Harapan, Wali Kota Berangkatkan Kontingen PERGAMANAS II 

image_pdfimage_print

KANIGARAN – Gerakan pramuka memiliki peran yang strategis dalam upaya menyiapkan generasi muda menjadi generasi penerus bangsa yang tangguh, tanggap, mandiri dan kreatif. Pendidikan kepramukaan tidak hanya memberikan pengetahuan dan ketrampilan belaka, melainkan menyangkut pula pembinaan watak dan tingkah laku peserta didik sehingga terbentuk karakter, khususnya dalam bidang keagamaan.

Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Probolinggo menggelar pelepasan kontingen Perkemahan Penggalang Ma’arif Nasional (PERGAMANAS II) di halaman rumah dinas Wali Kota Probolinggo, Minggu (17/2), dengan tema “Pramuka Aswaja, Menuju Generasi Emas 2030”.

Ketua PC LP Maarif Kota Probolinggo, M.Holil mengatakan kegiatan PERGAMANAS dilaksanakan 2 tahun sekali, kali ini bertempat di Buperta Cibubur, Jakarta. Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 18 – 23 Februari 2019. Peserta yang dikirim sebanyak 40 orang, dengan rincian 3 regu putra sebanyak 24 orang, 2 regu putri sebanyak 16 orang.

“Kegiatan ini bertujuan meningkatkkan ukhuwah islamiyah, khususnya di jajaran pramuka penggalang. Meningkatkan kualitas pramuka dalam hal kebersamaan, membentuk karakter disiplin dan kemandirian,” ucap Holil.

Ketua Kwartir Cabang Kota Probolinggo, Maskur berkata kepada peserta bahwa mereka adalah anggota pramuka yang telah terseleksi sebagai pramuka Sako Ma’arif pilihan Kota Probolinggo.

“Bulatkan tekad, kuatkan hati untuk menjadi yang terbaik di setiap kesempatan lomba. Semoga di ajang tersebut kalian mampu mencapai prestasi yang setinggi – tingginya sehingga dapat membawa nama Kota Probolinggo di tingkat Nasional,” harap Maskur.

Selain itu, Maskur juga mengatakan jangan sampai harapan tersebut membebani adik – adik penggalang, akan tetapi menjadi motivasi dalam mengikuti PERGAMANAS II ini. “Yang terpenting berusaha semaksimal mungkin dan berdoa agar dalam PERGAMANAS nanti dapat berjalan dengan lancar tanpa ada kendala apapun,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin mengapresiasi semangat dan kekompakan yang luar biasa dari adik – adik penggalang, yang menunjukkan bahwasanya Kota Probolinggo mempunyai generasi masa depan yang lebih baik.

“Mudah – mudahan saya sebagai Wali Kota Probolinggo bisa terus menerus, mensuport, mendukung khususnya di lembaga maarif, untuk terus mencetak generasi – generasi muda yang luar biasa. Generasi muda seperti ini yang bisa membawa dan mengawal masa depan bangsa dan negara lebih baik,” ujarnya.

Disamping itu, wali kota juga mengatakan terima kasih kepada kakak pembina  atas dedikasinya bisa mencetak adik adik penggalang sesuai dengan harapan. Adik penggalang ini harus menjadi pelopor / contoh untuk anak muda lainnya agar tetap preprestasi di bidangnya, tidak terpengaruh lingkungan buruk di sekitarnya, dan tentunya berguna bagi nusa dan bangsa.

“Alhamdulillah semoga kedepan khususnya di lembaga ma’arif bisa bersaing, tidak kalah dengan yang lainnya tunjukkan bahwasannya bisa berprestasi, bisa membawa nama baik Kota Probolinggo,” tambah Habib Hadi.

Pagi itu, Habib Hadi juga memakaikan jaket kontingen PERGAMANAS kepada 3 orang perwakilan yang akan diberangkatkan ke Cibubur. (mita/humas) 

Leave a Reply

Your email address will not be published.