Salurkan Kreatifitas Anak Melalui Drum Band

image_pdfimage_print

Setelah parade drum band tingkat TK/RA dan SD/MI sukses digelar, kemarin (17/6) Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Dispobpar) Kota Probolinggo menggelar event serupa bertajuk Lomba Unjuk Gelar Drum Band Tingkat TK/RA dan SD/MI. Masih dalam rangkaian kegiatan SEMIPRO 2014, event ini merupakan kerjasama Dispobpar dengan Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Kota Probolinggo. Jika peserta parade drum band sabtu lalu dikirab, lomba unjuk gelar drum band ini dilaksanakan di ruang tertutup. Bertempat di GOR Mastrip, lomba ini diikuti oleh 54 TK/RA dan 22 SD/MI. Acara ini sendiri dibuka oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Probolinggo, Adi Suhermanto.

Adapun tujuan dilaksanakannya acara ini adalah sebagai dasar pengembangan sikap pengetahuan, ketrampilan dan daya cipta yang diperlukan anak dalam hidup mandiri yang berkarakter. Drum band memang menjadi salah satu pembelajaran melalui musik. Melalui drum band, anak-anak bisa belajar memahami bagaimana menjalin kerjasama yang baik satu sama lain agar terbentuk sebuah harmonisasi. Selain itu mereka juga bisa mengetahui tugas dan kewajiban masing masing demi mewujudkan harmonisasi tersebut.

“Unjuk gelar drum band ini dimaksudkan untuk menumbuhkembangkan kreatifitas kesenian musik yang ada di kota Probolinggo. Dengan pembelajaran sejak dini, diharapkan nantinya kreatifitas mereka bisa lebih berkembang,” ujar Ketua Panitia Lomba, Saiful Rizal.

Ada 4 kategori juara dalam lomba ini yakni Juara Umum, Juara General Effect, Juara Visual, Juara Analisa Musik, dan Juara Perorangan. Para peserta berkesempatan untuk menampilkan 2 lagu dalam lomba ini. Beberapa lagu anak-anak pun ditampilkan seperti Bintang Kecil, Pergi Sekolah ataupun Ambilkan Bulan Bu. (fien)

Leave a Reply

Your email address will not be published.