Profil TWSL

image_pdfimage_print

Anda pernah mendengar fasilitas Taman Wisata Studi Lingkungan(TWSL) di Probolinggo….? Pembangunan Taman Wisata Studi Lingkungan dimaksudkan sebagai salah satu upaya penyediaan sarana wisata dan media studi lingkungan bagi masyarakat Kota Probolinggo. Walaupun masih terbilang manfaat bagi masyarakat dan khususnya bagi para pelajar untuk dapat mengenal lingkungan lebih dalam. Oleh karenanya, peran serta kita dalam membantu pelestarian linkungan sangat diperlukan sekali.

Dalam hal ini Pemkot Probolinggo telah memiliki Unit Pelaksana Teknis Dinas(UPTD)Pusat Informasi dan Studi Lingkungan di bawah naungan Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup, yang mempunyai peran serta di dalam pengambangan aset Kebudayaan lingkungan bestari Kota Probolinggo. Dimana dalam kaitannya dengan hal ini bahwa sarana pendidikan lingkungan sangat diperlukan dan harus dilakukan sedini mungkin untuk semua kalangan terutama pada kalngan anak-anak.

Taman Wisata Studi Lingkungan atau yang labih dikenal dengan  TWSL diresmikan oleh Bapak Walikota Probolinggo pada hari jum’at tanggal 15 September 2006 yang bertempat di Jalan Basuki Rahmat,pada waktu itu bersamaan pula dengan acara parade bunga dan kirab budaya. TWSL itu nantinya akan dilaksanakan pembangunan berkelanjutan untuk kedepannya. Saat ini pembangunan yang dilakukan di TWSL adalah penanaman berbagai jenis pohon dan pengembangan jenis satwa. Sudah terdapat 20 jenis pohon dan beberapa jenis satwa di TWSL.

Diantara jenis pepohonan antara lain pohon mahoni,mengkudu,waru rangkang dan beberapa jenis tanaman yang lain, sedangkan untuk satwa meliputi reptil,unggas,mamalia,buaya,burung kakak tua,burung rajawali dan masih banyak lagi.

Selain meningkatkan pengetahuan dan wawasan lingkungan, TWSL masih mempunyai banyak tujuan diantaranya untuk meningkatkan produktifitas lahan sebagai aset Pemerintah Kota Probolinggo, kemudian sebagai akselerasi penyadaran dan kepedulian terhadap pengelolaan pelestarian lingkungan, dan yang terakhir untuk meningkatkan kapasitas daerah Kota Probolinggo.

Jadi dengan demikian kita mendapatkan manfaat sesuai dengan apa yang kita harapkan. Selain menambah keramaian masyarakat pusat kota Probolinggo, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, meningkatkan kesempatan berusaha masyarekat, dan yang terahir untuk mengurangi kerawanan konflik sosial perkotaan khususnya Kota Probolinggo.

Leave a Reply

Your email address will not be published.