Pertahankan Ikon Kota, Gelar Kerapan Sapi Brujul

image_pdfimage_print

KEDOPOK – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Probolinggo menggelar acara kerapan sapi brujul. Kegiatan ini dihadiri oleh Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin, Wakil Wali Kota HMS Subri. Kegiatan ini dilaksanakan, Minggu (24/2), di lapangan Jalan Kyai Safi’i, Kelurahan Jrebeng Kidul, Kecamatan Kedopok. 

Kepala Disbudpar Tutang Heru Wibowo mengatakan kegiatan ini merupakan pengembangan objek wisata unggulan di Kota Probolinggo serta dalam rangka pelaksanaan 99 hari program kerja wali kota dan wawali.  

“Kerapan sapi memperebutkan piala wali kota Probolinggo sekaligus bertujuan melestarikan budaya lokal, serta mempererat tali silaturahmi paguyuban dan penggemar kerapan sapi brujul,” ujar Tutang.

Wali Kota Hadi Zainal Abidin mengatakan perlombaan sapi brujul merupakan daya tarik wisata dan momen untuk mempererat tali silaturahmi bagi paguyuban maupun pecinta kerapan sapi brujul. 

“Kegiatan ini merupakan salah satu agenda pelaksanaan kegiatan 99 hari kerja yang kami tetapkan. Semoga budaya lokal seperti ini tetap dilestarikan, sehingga tidak hilang ditelan zaman, serta nantinya kerapan sapi brujul dapat menjadi ikon Kota Probolinggo,” harap Habib Hadi. 

Selain itu, Habib Hadi juga berpesan untuk menggunakan hak pilih dalam pesta demokrasi pemilu presiden dan pemilu legislatif 2019. Wali kota pun berharap, masyarakat Kota Probolinggo tidak mudah terhasut dengan berita hoax atau berita yang tidak jelas kebenarannya. “Dan jangan sampai ada yang golput karena suara anda menentukan pembangunan bangsa Indonesia kedepannya,” tutupnya. 

Tampak hadir Kepala Bakorwil V Jember Tjahjo Widodo, Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur Sinarto S Kar, Camat Kedopok Imam Cahyadi, Camat Mayangan M.Abas serta Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Dwi Hermanto.  Kegiatan kerapan sapi brujul diikuti 52 peserta dari Kota Probolinggo maupun luar Kota Probolinggo dengan memperebutkan total hadiah Rp 21 juta, trofi dan sertifikat.  (mita/humas)

Kelompok A

Juara

Pemilik

Nama Sapi

Asal Kota

1

Siti Aisah

Dji Sam Soe

Jember

2

Osen

Sajam

Triwung Lor

3

Hori

Bintang Sakti

Triwung Kidul

 

Kelompok B

Juara

Pemilik

Nama Sapi

Asal Kota

1

Busar

Piring Terbang

Kareng Lor

2

Supo

Anak Manja

Curah Grinting

3

Resa Al Kafo

Handal

Sumber Wetan