Wali Kota Tinjau Gudang Logistik KPU 

image_pdfimage_print

KADEMANGAN – Selasa (26/2) Wali Kota Hadi Zainal Abidin meninjau langsung gudang logistik milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jalan Anggrek, Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan. Ia memantau langsung proses pelipatan surat suara dan kotak suara yang sudah dirakit. 

Orang nomor satu di Kota Probolinggo itu disambut Komisioner KPU Divisi Data dan Informasi Joko Wahyudi dan Komisioner Bawaslu Divisi Penindakan Samsun Ninilau. Di gudang tersebut, wali kota mengecek surat suara yang sudah terakit dan siap didistribusikan. 

Untuk pelipatan surat suara melibatkan 15 orang, yang mulai bekerja pukul 06.00 sampai 23.00 setiap harinya. Untuk surat suara pemilihan membutuhkan pengerjaan selama enam hari. Satu surat suara dihargai Rp 100 per lembar, nilai ini berbeda untuk surat suara presiden yang hanya Rp 50 per lembar karena ukurannya lebih kecil. 

Pada pelaksanaan pemilu 17 April mendatang, KPU menyiapkan 3228 kotak suara dan 171.191 surat suara untuk masing-masing pemilihan (pemilihan presiden, pemilihan DPD, pemilihan DPR RI, pemilihan DPRD Provinsi Jawa Timur dan DPRD Kota Probolinggo). “Yang belum datang surat suara DPRD Kota Probolinggo,” kata Joko Wahyudi. 

Untuk pendistribusian akan dilaksanakan H-1 dari gudang KPU ke masing-masing kelurahan. KPU bekerjasama dengan Kantor Pos terkait distribusi ke 605 TPS untuk mengantisipasi musim hujan. 

Pada kesempatan itu, Wali Kota Habib Hadi mengingatkan penyelenggara pemilu untuk berhati-hati dengan distribusi logistik dan kondisi surat suara. Masyarakat juga harus diberi pemahaman jika rusak maka harus segera diganti oleh petugas. “Kami menyediakan surat suara cadangan,” ujar Joko. 

Habib Hadi menyimpulkan, usai meninjau gudang KPU tidak melihat kendala yang berarti. Ia pun optimis penyelenggaran pemilu 2018 berjalan sesuai harapan. “Kotak suara kondisinya bagus, tidak seperti yang diberitakan di luaran. Saya lihat bagus. Semua sudah siap dan selesai tepat waktu. Surat suara rusak juga masih dihitung dan dibuatkan berita acara,” katanya. 

Pendistribusian logistik, sambung Habib Hadi, menjadi hal yang sangat vital jadi jangan terjadi keterlambatan untuk menghindari protes dari masyarakat. Habib Hadi pun menyatakan siap membantu KPU agar pemilu berjalan dengan aman dan lancar. 

Habib Hadi juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Probolingo untuk ikut menyukseskan pemilu 2019. “Masyarakat harus sadar, bahwa suara yang diberikan menentukan masa depan ke depan. Sosialisasi digencarkan agar angka partisipasi masyarakat bisa meningkat dari pilkada lalu,” tuturnya. (famydecta/humas