Ajak ASN Tingkatkan Kinerja, Jalankan Kebijakan Kepala Daerah

image_pdfimage_print

KANIGARAN – Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan kantor Wali Kota Probolinggo menggelar upacara, Senin (4/3) pagi. Dalam kesempatan itu, Sekda Bambang Agus Suwignyo mengajak seluruh kepala OPD dan staf untuk menjalankan kebijakan kepala daerah yang baru. 

“Kita telah memiliki kepala daerah yang baru, sudah kurang lebih satu bulan sejumlah kebijakan telah dibuat oleh Wali Kota Hadi Zainal Abidin dan Wawali HMS Subri. Baik itu kebijakan untuk internal Pemkot Probolinggo dan untuk masyarakat,” kata sekda. 

Yang terbaru, adalah kebijakan mencegah dan memberantas korupsi ditandi dengan penandatanganan kesepakatan bersama Komisi Pemilihan Korupsi (KPK) RI. “Mari instruksi itu kita jalankan demi menuju pemerintahan yang baik dan kemaslahatan masyarakat,” ujarnya. 

Upacara bendera di halaman Kantor Wali Kota diikuti seluruh staf ahli, asisten, kepala OPD, karyawan dan karyawati di lingkungan kantor tersebut. Petugas upacara dari Bagian Humas dan Protokol, Bagian Umum, Bagian Administrasi Perekonomian, Bagian Kesra dan BPPKAD. 

Sekda Bambang Agus juga mengingatkan seluruh karyawan untuk menjaga kedisiplinan, bijak bermedia sosial, mengingatkan kegiatan Festival Pendalungan di Alun-alun pada 6-10 Maret mendatang. Kemudian tentang tercatatnya nama karyawan dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang dirilis Komisi Pemilihan Umum (KPU). 

Ia pun membahas tentang ASN yang harus bersikap netral, tidak terlibat dalam politik praktis apalagi sebagai tim sukses peserta pemilu 2019. “Tentukan pilihan dalam hati masing-masing, tidak perlu berdebat kusir apalagi bermusuhan hanya karena beda pilihan. Mari ikut menjaga keamanan, ketertiban sehingga tercipta suasana kondusif,” pesannya. 

Sekda sempat menyinggung masih sedikitnya peserta upacara hari ini (4/3). Untuk itu kepala OPD diminta menggerakkan seluruh staf untuk ikut upacara di setiap hari Senin di Minggu pertama setiap bulannya. Upacara ini dilaksanakan sebagai tindaklanjut surat edaran Menteri Dalam Negeri perihal pelaksanaan upacara bendera. 

Bambang Agus juga menyayangkan masih ada karyawan yang merokok di lingkungan Kantor Wali Kota Probolinggo, padahal sudah ada perwali dilarang merokok. Meningkatnya penderita DBD juga jadi disampaikan, seluruh karyawan diwajibkan melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) khususnya di kantor masing-masing. 

“Sampai saat ini obat DBD masih belum ada. DBD menjadi ancaman jiwa anak-anak dan dewasa seperti kita. Kepala OPD bawa senter, dicek tempat penampungan air ada atau tidak jentiknya. Lakukan PSN,” tegas mantan Direktur RSUD dr Mohamad Saleh ini. 

“Apa yang saya sampaikan dalam upacara ini dapat disampaikan kepada seluruh karyawan dan karyawati di instansi masing-masing,” pesan Sekda Bambang. (famydecta/humas)