Gelar Cek Kesehatan, Dinkes Tanggulangi PTM 

image_pdfimage_print

KANIGARAN – Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin menjalani skrining kesehatan program Penyakit Tidak Menular (PTM) yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan setempat, Jumat (15/3). Pemeriksaan kesehatan dilaksanakan di gedung Sabha Bina Praja, Kantor Wali Kota. Ini kali pertama Habib Hadi bersama Muhammad Soufis Subri menjalani cek kesehatan di masa kepemimpinannya.

Satu per satu kepala OPD mulai memeriksakan dirinya. Diawali pengukuran tinggi badan, berat badan, lingkar perut, tensi darah, cek smokelyzer (kadar CO dalam paru – paru) serta cek darah meliputi ( kolesterol, asam urat dan kadar gula). Setelah serangkaian pemeriksaan dilalui, selanjutnya konsultasi kesehatan. Seorang dokter sudah siap memberikan konsultasi pada kepala OPD sesuai hasil pemeriksaannya.

Kepala Dinas Kesehatan, drg Ninik Ira Wibawati menyampaikan PTM harus ditanggulangi, termasuk di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo. Jenis PTM antara lain Diabetes, Hipertensi, Obesitas serta penyakit jantung. Banyak sekali faktor resiko terkena PTM meliputi asap rokok, pola makan tidak sehat dan jarang berolahraga.

Dinas Kesehatan sudah melatih di masing-masing kader di setiap OPD untuk melatih cara memeriksa. Seperti, cara memeriksa berat badan, tinggi badan, lingkar perut dan tekanan darah. “Di setiap OPD sudah ada Posbindu ( Pos Pembinaan terpadu), untuk mengecek kesehatan sedini mungkin di lingkungan kantor. Apabila di temukan sesuatu penyakit atau permasalahan tekanan darah dari kader di masing-masing OPD untuk mengarahkan pengecekan lebih lanjut ke puskesmas terdekat atau dokter pribadi,” jelas Ninik.

Puskesmas juga akan melakukan kunjungan ke masing-masing OPD, setiap 6 bulan sekali untuk mengecek kesehatan dan juga mengecek data posbindu yang dijalankan oleh kader OPD di setiap bulannya. “Melalui pengecekan kesehatan atau cek up secara rutin bisa mencegah penyakit sedini mungkin,” ujarnya.

Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin menjelaskan kegiatan tes kesehatan ini sangat bagus khususnya di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo. Karena, kesehata menopang kinerja aktivitas supaya mempunyai stamina yang kuat dan fisik yang sehat.

“Melalui, pengecekan ini bisa diketahui kendala-kendala penyakit dan bisa terdeteksi lebih awal.  Cek up kesehatan sangat bagus. Jangan menunggu sakit. Kesehatan kita harus dijaga dengan melalui cek up,” katanya. (noviati/humas)