Apel Pasukan Jelang Pengamanan Pemilu 

image_pdfimage_print

MAYANGAN – Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan dilaksanakan bulan April  mendatang, Polres Probolinggo Kota menggelar Apel Gelar Pasukan dalam Pengamanan menghadapi Pemilu 2019, di halaman Mapolres Probolinggo Kota, Jumat (22/3) pagi.  Kegiatan Apel tersebut bertema ”Tingkatkan Sinergitas TNI-POLRI dengan Komponen Bangsa Lainnya Guna Mewujudkan Kamdagri yang Kondusif”.

Apel pagi itu dipimpin langsung oleh Kapolres Probolinggo Kota, AKBP Alfian Nurrizal. Turut hadir Wakil Wali Muhammad Soufis Subri, perwakilan Forkopimda,  Ketua FKUB, Ketua MUI, Ketua KPU Kota Probolinggo serta para ketua partai politik.

Kapolresta AKBP Alfian Nurrizal saat membacakan amanah dari Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) menyampaikan, pemilu serentak tahun 2019 merupakan pesta demokrasi yang akan menjadi tonggak sejarah Indonesia. Karena dalam pelaksanaan pemilu kali ini, dilaksanakan serentak yakni lima jenis pemilihan dalam waktu yang bersamaan.

Pemilu serentak kali ini, akan menjadi warisan kebangsaan sekaligus menjadi sorotan dunia internasional, apakah Bangsa Indonesia mampu melaksanakan konsolidasi politik dengan demokratis dan berintegritas dalam rangka memilih pemimpin Nasional. “Sukses dan tidaknya perhelatan demokrasi ini tergantung kepada semua pihak yang terlibat langsung naupun tidak lagsung”, ujar  Alfian.

“Pemilu serentak di tahun 2019 ini, merupakan kesempatan bagi rakyat Indonesia untuk memilih calon anggota legislatif yang nantinya akan memperjuangkan aspirasi rakyat sekaligus sarana memilih pemimpin Nasional guna mewujudkan cita-cita nasional Bangsa Indonesia,” imbuhnya.

Ia juga menyampaikan peran TNI dan POLRI yang ada di ruang lingkup penyelenggaraan pemilu sangat menentukan kesuksesannya, keberlangsungan pemilu yang akan dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. “Bagi seluruh prajurit TNI dan POLRI dan seluruh komponen  masyarakat yang terlibat melaksanakan kegiatan ini dengan penuh dedikasi dan rasa tanggung jawab,” tegas kapolresta. (noviati/humas)