Roadshow, Ketua TP PKK Gali Potensi Daerah 

image_pdfimage_print

MAYANGAN – Ketua TP PKK Kota Probolinggo Aminah Hadi Zainal Abidin, bersama Wakil Ketua I Diah Kristanti Subri dan Wakil Ketua II Tri Wahyuni Bambang Agus melakukan roadshow ke PKK Kecamatan Mayangan, Rabu (27/3). Kegiatan bersama pengurus pokja ini untuk menggali potensi yang ada di daerah.

Kunjungan di PKK Mayangan diawali di Galeri Seni Budaya Jati Kampung Seni (JKS) di Jalan Sunan Kalijaga. Rombongan disambut grup kesenian Wirojalu yang berkolaborasi dengan seni hadrah.

Di Galeri Seni Budaya JKS, pengurus PKK menyaksikan aktivitas ekonomi kreatif membuat kerajinan dari limbah kayu. Limbah kayu itu bisa dibuat barang yang berdaya guna dan bernilai seni, seperti lukisan kayu bakar atau cashing handphone.

JKS dibentuk karena dari sinilah banyak tokoh dan aktivitas seni di Kelurahan Jati. Keluarga AKAS pun mendedikasikan gudang yang tidak terpakai untuk tempat berkesenian bagi masyarakat.

Aminah, Diah Kristanti dan Tri Wahyuni berkesempatan memberikan goresan pertamanya di dinding Galeri Seni Budaya. Ketiganya pun begitu begitu lihai menorehkan kuas cat di dinding berwarna hitam itu.

Kunjungan kedua dilanjutkan ke Kampung Inggris, Kampung Benteng. Sejarah berdirinya kampung ini diceritakan oleh Karni, warga Kampung Benteng dalam bahasa Inggris. Katanya, kampung ini dulu sangat menyeramkan, banyak pohon besar dan banyak hantunya.

Saat Camat Mayangan M Abbas datang, tempat itu seperti hutan. Selama tahun 2017-2018 dilakukan pembangunan dan merubah Kampung Benteng menjadi cantik. “We hope the government make this Kampung Benteng more more beautiful (kami berharap pemerintah bisa membuat Kampung Benteng lebih cantik lagi),” kata Karni.

Warga di Kampung Benteng mempunyai keharusan bagi setiap orang yang berkunjung untuk mengisi buku tamu.”Write your think about Kampung Benteng (tulis apa yang kamu pikirkan dan beri masukan untuk Kampung Benteng),” imbuh perempuan paro baya yang energik itu.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kecamatan Mayangan, Reni Abbas menjelaskan, pihaknya bersama kecamatan bersinergi untuk mengembangkan potensi yang ada di wilayah Kecamatan Mayangan. “Kami menciptakan SDM yang handal, sesuai motto wali kota. Saat ini kami juga melaksanakan pelatihan pembuatan Alat Permainan Edukasi (APE) dari bahan daur ulang untuk kader taman posyandu,” katanya.

Ketua TP PKK Kota Probolinggo Aminah Hadi Zainal Abidin pun terkagum dengan potensi wisata dan budaya yang ada di Kampung Benteng. Ia pun mendorong pemerintah untuk mengembangkan Kampung Benteng secara optimal.

Aminah berharap, PKK bukan organisasi kemasyarakat yang melulu pada kegiatan formalitas. “Namun dapat menjadi kreator dalam mengembangkan sektor pendidikan, ekonomi, pariwisata dan kemakmuran masyarakat,” ujarnya.

Apa yang ada saat ini, meruapakan sebuah bukti perubahan pola pikir langkah kerja nyata PKK. “Semoga kegiatan ini mampu menyentuh sektor kehidupan masyarakat. Ada upaya perubahan yang mulai muncul dari kepengurusan yang baru ini. Terima kasih pengurus PKK saya tercinta. Mari kita berikan pengabdian kepada masyarakat,” imbuh Aminah.

Selama ini Kampung Benteng, Aminah melakukan berbagai aktifitas seperti penanaman pohon Canna; bertemu dengan pengurus Himpaudi Kecamatan Mayangan dan melihat langsung kawasan Benteng.

Sebelum ke Kecamatan Mayangan, Aminah bersama rombongan TP PKK Kota Probolinggo sudah roadshow ke Kecamatan Wonoasih dan Kecamatan Kademangan. (famydecta/humas)