Wali Kota Tinjau Pengolahan Biomassa Serpong

image_pdfimage_print


Pemerintah Kota Probolinggo sedang menjajaki kerjasama dengan PT Richmount Agro Chem dalam teknologi pengolahan sampah dengan sistem biothermal. Setelah melakukan audiensi pada 17 Januari 2017, Wali Kota Probolinggo Rukmini beserta rombongan meninjau langsung ke tempat pengolahan biomassa di Summarecon, Serpong, Tangerang Banten. “Hal ini merupakan tindak lanjut dari penawaran kerja sama dan undangan untuk melakukan tinjauan langsung dari PT Richmount,” kata Kepala Bagian Humas dan Protokol, Prijo Djatmiko.

Kunjungan ini juga membahas penyusunan perjanjian kerja sama. “Kita (Pemerintah Kota Probolinggo) mengklarifikasi/merancang rencana terkait dengan kerjasama tersebut, antara hak-hak dan kewajiban-kewajiban masing-masing pihak,” lanjutnya.

Bila kerjasama ini berlanjut, maka pemkot harus menyediakan areal seluas 4 hektar untuk pabrik pengolahan sampah tersebut. “Maka dari itu, karena ini berhubungan dengan penggunaan aset daerah yang digunakan oleh pihak ketiga, kita harus teliti dalam penyusunan kerja sama ini, apa-apa yang harus kita penuhi dan yang akan kita terima, tanpa ada permasalahan di kemudian hari,” terangnya.

Wali Kota Probolinggo Rukmini sangat merespon positif akan adanya kerja samanya ini. Terlihat dari antusiasnya mengikuti kunjungan lapangan ke Summarecon Serpong. Disana diperlihatkan proses dari pengolahan sampah yang diubah menjadi energi. “Bila perjanjian ini terwujud, maka Pemerintah Kota Probolinggo menjadi instansi pemerintah pertama yang mengaplikasikan teknologi ini,” tutup Prijo. ∎hariyantiagustina

Leave a Reply

Your email address will not be published.