10 Hutan Kota Jadi Wewenang Dinas Lingkungan Hidup

image_pdfimage_print

     Sesuai dengan perubahan Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) yang baru, bidang kehutanan kini bukan lagi menjadi wewenang Dinas Pertanian (Disperta) Kota Probolinggo, namun menjadi wewenang Provinsi Jawa Timur.

       Kendati demikian, 10 lokasi hutan kota yang menjadi aset Pemerintah Kota Probolinggo tidak ikut serta menjadi wewenang provinsi dan tetap dikelola Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Dengan pelimpahan ini 10 lokasi tersebut tak lagi berfungsi sebagai hutan kota melainkan sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH).

       Menindaklanjuti hal ini, Wali Kota Rukmini mengadakan rapat tertutup dengan Kepala Disperta Sukarning Yuliastuti, Kepala DLH Tutang Heru Aribowo, serta sejumlah pejabat terkait di ruang transit Kantor wali kota Probolinggo, Selasa (14/2).

      Dari hasil rapat itu, Kepala DLH Tutang Heru Aribowo menyatakan bahwa Wali Kota Rukmini memerintahkan untuk segera merealisasikan penyerahan 10 lokasi hutan kota tersebut.

      “Sesuai dengan disposisi Ibu Wali Kota, aset-aset terkait 10 lokasi hutan kota agar segera diserahkan pada DLH. Selain itu, Ibu Wali Kota juga meminta DLH agar segera membuat perencanaan pengelolaan hutan kota termasuk personel, anggarannya, dan juga sarana prasarananya,” jelas Tutang. ∎alfienhandiansyah

Leave a Reply

Your email address will not be published.