Ini Jadwal Soft Launching Mal Pelayanan Publik di Kota Probolinggo

image_pdfimage_print

JAKARTA–Rencana pendirian Mal Pelayanan Publik di Kota Probolinggo, semakin terang. Ini ditandai dengan penandatanganan komitmen antara Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) RI Syafruddin, Rabu (27/3) pagi, di Ruang Rapat Serbaguna Kementerian PANRB, Jalan Jendral Sudirman, Jakarta Selatan.

Dengan pendandatanganan tersebut, Pemerintah Kota Probolinggo menyatakan komitmen dan kesanggupan, untuk mewujudkan penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik tahun 2019. Itu sebagai salah satu aksi nyata dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan publik.

“Hasil dari kunjungan lapangan Deputi Bidang Pelayanan Publik ke Kota Probolinggo, dan dinyatakan layak untuk mendirikan Mal Pelayanan Publik. Lalu, mendapat undangan dalam rangka penandatanganan penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik ini,” ujar Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Dwi Hermanto melalui sambungan selular.

Dengan adanya penandatanganan ini, Kota Probolinggo sebagai salah satu dari 27 kota/ kabupaten yang punya komitmen tinggi dalam pembentukan dan pendirian Mal Pelayanan Publik. Hal ini selaras dengan program visi misi Wali Kota Habib Hadi dan Wawali Muhammad Soufis Subri.

Menurut Dwi Hermanto, Menteri PANRB menyatakan, intinya pembentukan Mal Pelayanan Publik perlu dukungan berbagai pihak. Organisasi Perangkat Daerah (OPD), instansi vertikal maupun lembaga non pemerintah maupun swasta. “Dalam rangka pemberian pelayanan yang terbaik bagi masyarakat,” tuturnya.

Tahapan pembentuan Mal Pelayanan Publik sudah dilalui Pemerintah Kota Probolinggo sejak awal kepemimpinan Habib Hadi –sapaan akrab wali kota Hadi Zainal Abidin-. Termasuk melakukan langkah-langkah seperti berkoordinasi dengan OPD, kementerian maupun lembaga yang akan menempatkan jenis layanan di Mal Pelayanan Publik nantinya.

Layanan yang sudah fix dalam Mal Pelayanan Publik dari Polres Probolinggo Kota untuk pelayanan perpanjangan SIM dan SKCK; PT Pos Indonesia; BPJS Kesehatan; BPJS Ketenagakerjaan; Bank Jatim, Bea Cukai, KPP Pratama; PDAM. “Kalau yang masih tahap konfirmasi Jasa Raharja dan PLN,” terang Dwi.

Saat ditanya soal pelayanan Imigrasi yang seperti disampaikan Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna Laoly, mantan Camat Wonoasih itu menegaskan, untuk gedung sudah siap. Jadi, unit pelayanan paspor untuk mengcover pendaftaran haji, umroh dan biometrik cukup ke Kota Probolinggo. “Sarana dasar dari kami, kalau sarana khusus dari kementerian. Intinya kami siap memfasilitasi,” tegasnya.

Pemilihan Gedung Hayam Wuruk di Jalan Basuki Rahmat sebagai Mal Pelayanan Publik sudah melewati pembahasan tim dan wali kota. Gedung itu dipilih karena secara fisik sudah siap dan milik Pemerintah Kota Probolinggo. Akses menuju gedung tersebut pun sangat mudah dan representatif.

Pemerintah Kota Probolinggo juga akan membuat Memorandum of Understanding (MoU) dengan lembaga yang mengisi pelayanan di Mal Pelayanan Publik. Rencananya, masih dalam 99 hari kerja wali kota-wawali, bakal menggelar soft launching Mal Pelayanan Publik yang rencananya bakal dilaksanakan pada pertengahan Mei mendatang.

“Yang ada di Mal Pelayanan Publik harus mempunyai produk layanan yang dapat diperoleh masyarakat saat itu juga. Sekarang sedang diinventarisir. Ada sekitar 25 gerai layanan dari OPD, instansi vertikal dan perbankan,” imbuh Wali Kota Habib Hadi.

Wali kota pun berharap semua elemen masyarakat dan parlemen pun bisa mendukung program yang bertujuan mendekatkan pelayanan publik ke masyarakat.

“Intinya adalah quick service, pelayanan bisa terintegrasi dalam satu lokasi. Lebih mudah dan bermanfaat bagi masyarakat. Ini adalah program yang sudah ditunggu-tunggu masyarakat,” ucap Habib Hadi.

Wali Kota Habib Hadi tidak sendiri saat menghadiri penandatanganan tersebut. Ia didampingi Asisten Administrasi Umum Budiono Wirawan; Kepala DPMPTSP Dwi Hermanto; Kepala Diskominfo Aman Suryaman; Kabag Organisasi Heri Astuti; Kabag Pemerintahan Ina Lusilinawati; dan Kabag Umum Sugito Prasetyo. (famydecta/humas)