Wawali Harapkan Forum Anak Intervensi Anak-Anak Jauhi Narkoba

image_pdfimage_print

Kanigaran-Pengurus Forum Anak Kota Probolinggo periode 2019-2022 resmi dikukuhkan oleh Wakil Wali Kota Probolinggo, Muhammad Soufis Subri. Pengukuhan dilaksanakan pada Rabu pagi (27/3), di gedung Puri  Manggala Bhakti Kantor Wali Kota Probolinggo.

Kepala DP3AKB (Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana) Sukam menyatakan kegiatan ini bertujuan untuk menjamin hak-hak anak untuk tetap hidup, tumbuh dan berkembang serta dapat berpartisipasi secara optimal. Melakukan pendampingan penanganan, dan pencegahan anak sebagai korban segala bentuk kekerasan.

“Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam upaya pencegahan, pengurangan resiko, dan dapat memberikan penanganan segala bentuk kekerasan, eksploitasi, penelantaran serta perlakuan salah terhadap anak,” ungkapnya.

Forum anak dibentuk sebagai wadah partisipasi anak, agar anak dapat menyampaikan aspirasi, gagasan, ide,  dan pendapatnya yang berkaitan dengan aspek pembangunan yang menyangkut tumbuh dan kembangnya.

Wawali berharap, forum anak yang telah dibentuk ini, mendapatkan perhatian yang serius oleh Lurah/Camat dan OPD terkait. Tujuannya agar kegiatan mereka bisa terintegrasi. “Forum anak ini juga sebagai tempat untuk mensosialisasikan kebijakan terkait pemenuhan anak. Selain itu, harapannya mereka dapat mengintervensi temannya untuk menjauhi narkoba, menghindari perkawinan usia anak dan dapat mengajak anak-anak lainnya berperilaku lebih baik,” harapnya.

https://humasprotokol.probolinggokota.go.id

Pagi itu, sekitar 300 orang yang terdiri dari forum anak Kelurahan, Kecamatan dan Kota Probolinggo hadir. Mereka berasal dari SD, SMP, SDLB, SMPLB. Usai pengukuhan, digelar sosialisasi PATBM (Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat). Sebagai antisipasi dan penanganan kasus-kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak yang ada di Kota Probolinggo. Narasumber yang mengisi sosialisasi dari Polres Probolinggo Kota dan Psikolog Kota Probolinggo. (Malinda/Humas)