Wawali Ingin Bersepeda Menjadi Budaya Warga

Pemerintah Kota Probolinggo
image_pdfimage_print

KANIGARAN – Setelah bertemu dengan Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin beberapa waktu lalu, Rabu (27/3) digelar rapat Steering Committee antara Working Group (WG) Kota Probolinggo dan Kota Helsingborg, Swedia, di Sabha Bina Praja. Kegiatan ini dipimpin Wawali Muhammad Soufis Subri, Ketua DPRD Agus Rudianto Ghaffur, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Empat orang WG yaitu Nils Berner Lundgren (Wakil Direktur NSR), Peter Lars Lennart Book (Tenaga Pengajar Lingkungan), Anna Karin Aguayo Kjellman (Tenaga Ahli Demokrasi) dan Jan Oscar Groenvall (Kepala Dinas Perhubungan Kota Helsingborg).

Selama berada di Kota Probolinggo WG membahas kerjasama dalam perencanaan membangun jalur sepeda. Mereka melakukan Focus Group Discussion (FGD) hingga mengecek langsung jalan yang berpotensi dibangun jalur sepeda.

Diketahui, kerjasama antara Pemerintah Kota Probolinggo dan Kota Helsingborg telah terjalin sejak 2013 terkait International Center for Local Democracy (ICLD), kerjasama ini akan berlangsung selama 3 tahun. Dan kini di kepemimpinan Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin dilanjutkan kerjasama mulai tahun 2017 sampai 2020, kedua kota ini akan saling mengunjungi satu sama lain.

Wawali Subri mengatakan, dengan adanya jalur sepeda masyarakat Kota Probolinggo akan tertarik untuk naik sepeda. Dalam kesempatan itu, Subri juga memberi apresiasi atas kerjasama dan menyetujui rencana pembangunan jalur bersepeda di Kota Probolinggo

Disamping itu, Subri memberi masukan bahwa yang dibutuhkan oleh warga Indonesia khususnya di Kota Probolinggo ini tidak hanya jalur sepedanya, tapi yang dibutuhkan sepedanya. ”Semoga dengan kerjasama ini ke dua kota dapat saling belajar, berbagi pengalaman dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan dan lingkungan khususnya dalam mengembangkan bike plan (gerakan bersepeda) sebagai budaya dan pengurangan karbon serta mengurangi dampak perubahan iklim,” ucap Subri.

Sementara itu, Ketua DPRD menyampaikan kepala daerah Kota Probolinggo sudah berganti, tapi kerjasama ini harus terus berlanjut sampai tahun 2020, wali kota dan wakil wali kota terbaru bisa menelaah lebih jauh kerjama tersebut. “Mudah-mudahan apa yang menjadi subtansi pada awal dan akhir pertemuan ini akan terus berlanjut,” kata Agus RG.

Agus RG juga mendukung dengan adanya  pembangunan jalur bersepeda, karena dengan bersepeda selain menghemat biaya dan bahan bakar serta menyehatkan. “Kedepan, semoga bukan jalurnya saja yang dibuat tapi sepedanya disediakan juga,” ucap Agus.

Sedangkan Nils Berner Lundgren mengucapkan selamat kepada wali kota dan wakil wali Kota Probolinggo terpilih. “Semoga dengan kepala daerah yang baru Kota Probolinggo akan lebih baik,” kata Berner.

Berner juga mengatakan, Kota Probolinggo merupakan kota yang ramah, karena masyarakatnya sangat ramah.”Kami sudah banyak belajar di Kota Probolinggo, saya harap kita bisa terus kerjasama terkait program lain,” ucap Berner. (soni/humas)