Mulai Bina Peserta Jelang MTQ

image_pdfimage_print

   Pemerintah Kota Probolinggo terus meningkatkan kompetensi para kandidat peserta yang akan dikirim sebagai perwakilan Kota Probolinggo di Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke XXVII tingkat Provinsi Jawa Timur. Hal ini terlihat dari adanya kegiatan pembinaan/pembekalan untuk peserta MTQ oleh Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Kota Probolinggo.

   “Pembekalan ini bertujuan untuk mengembangkan minat dan bakat peserta dalam membaca Al-Qur’an (Qira’at Al-Qur’an), menghafal (Hifdzil Al-Qur’an), memahami (Fahmil Al-Qur’an), dan memaparkan kandungan (Syarhil Al-Qur’an) serta menulis Al-Qur’an (Khot Al-Qur’an),” kata Kabag Kesra, Anwar Fanani. Selain itu, juga untuk mempersiapkan peserta untuk mengikuti MTQ ke XXVII yang akan diselenggarakan di Kabupaten Pasuruan sekitar September 2017.

   Pembinaan dimulai Maret mendatang setiap hari Minggu dengan durasi lima kali pertemuan. “Diadakan di hari Minggu karena mereka (peserta) kan masih sekolah, jadi nunggu mereka libur,” kata Anwar.

   Pembina untuk pembekalan ini berasal dari Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kota Probolinggo. Pembinaan tersebut berupa materi yang akan dilombakan seperti membaca, menghafal, memahami, dan menjelaskan kandungan Al-Qur’an. Dari 66 peserta pembinaan akan dipilih peserta terbaik mewakili Kota Probolinggo. Terdapat sedikitnya 11 kategori yang bakal diikuti diantaranya tilawatil qur’an kategori anak-anak, remaja dan dewasa, kategori tartil, musabaqah tahfizhul qur’an 1 Juz, musabaqah fahmil qur’an, dsb.

   Wali Kota Probolinggo Rukmini berharap LPTQ harus berjalan dengan baik, dan mempunyai inovasi dengan mereview kesalahan tahun kemarin, karena selama ini Kota Probolinggo belum pernah juara sebelumnya. “Saya berharap semoga peserta MTQ tahun ini ada yang juara meskipun juara harapan, kalau bisa ya juara satu, dalam satu kategori saja, semoga tahun ini dapat juara,” harapnya. ∎hariyantiagustina/humas

Leave a Reply

Your email address will not be published.