Habib Hadi: Satlinmas Harus Siap Amankan Pemilu 2019

Habib Hadi saat memimpin apel penutupan bimtek (foto:Welly/Humas dan Protokol)
image_pdfimage_print

PASURUAN – Setelah tiga hari mengikuti bimtek, 460 anggota Satlinmas (Satuan Perlindungan Masyarakat) dinyatakan siap dalam mengemban tugasnya menjelang Pemilu 2019 mendatang. Selasa (2/4) sore, bimtek ditutup dengan apel yang dipimpin Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin, di Batalyon Zipur 10/2 Kostrad Pasuruan.

Apel tersebut juga dihadiri Wakil Wali Kota Probolinggo Muhammad Soufis Subri, Komandan Yon Zipur 10/2 Pasuruan Mayor Czi Dendi Rahmat serta sejumlah pejabat Pemkot Probolinggo.

Kabid Pemadam Kebakaran dan Perlindungan Masyarakat, Heri Wijayani melaporkan tujuan bimtek untuk meningkatkan rasa persatuan dan memupuk jiwa korsa, serta meningkatkan pengetahuan dan kesiapan anggota satlinmas dalam melaksanakan tugas dan fungsinya demi suksesnya penyelenggaraan Pemilu tahun 2019 yang aman, damai dan lancar.

Bimtek selama 3 hari diisi oleh narasumber dari Polres Probolinggo Kota, Kodim 0820/Probolinggo, Batalyon Zipur 10/2 Kostrad Pasuruan, Batalyon Zipur 10 Probolinggo dan KPU Kota Probolinggo. “Peserta yang ikut bimtek adalah anggota satlinmas yang baru terpilih, dengan jumlah 460 anggota satlinmas yang tersebar di lima kecamatan,” kata Heri.

Wali Kota Habib Hadi mengatakan, satlinmas merupakan anggota organisasi yang dibentuk oleh pemerintah pada tingkat kecamatan dan kelurahan, dengan beranggotakan warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan.

Selain itu peran dan fungsi satlinmas adalah sebagai ujung tombak dalam memelihara keamanan, ketentraman dan harus lebih sigap dan tanggap dalam kondisi apapun khususnya dalam penyelenggaraan pemilu tahun 2019.

“Saya harap anggota satlinmas berperan aktif di masyarakat dalam situasi dan kondisi apapun, dan juga siap mengamankan terselenggaranya pemilu tanggal 17 April 2019 yang tinggal beberapa hari lagi. Sehingga dapat berjalan dengan sukses dan Kota Probolinggo selalu dalam suasana tentram, tertib, aman dan kondusif,” harap Habib Hadi.

Dalam kesempatan itu, Habib Hadi juga berpesan kepada seluruh anggota satlinmas dalam menghadapi pemilu untuk meningkatkan iman dan taqwa, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, meningkatkan disiplin dengan berpegang teguh pada sumpah janji satlinmas. “Laporkan segera jika ada gangguan perlindungan masyarakat secara sinergi dengan babinsa dan babinkamtibmas atau langsung melalui Call Centre 112,” kata Habib Hadi. (soni/humas)

Para peserta apel (foto: Welly/Humas dan Protokol)