Wali Kota-Wawali Apresiasi Aksi Sosial Komunitas

Wali Kota Habib Hadi foto bersama dengan para sahabat laut saat membagikan makanan(foto:Rizal Al Karimi/Humas dan Protokol)
image_pdfimage_print

KANIGARAN–Sembari menunggu dimulainya agenda rapat paripurna di Kantor DPRD Kota Probolinggo, Jumat (5/4) pagi, Wali Kota Hadi Zainal Abidin dan Wawali Muhammad Soufis Subri tiba-tiba keluar kantor wakil rakyat. Sambil berjalan kaki, keduanya menuju kerumunan warga yang tepat di sisi selatan kantor yang terletak di Jalan Suroyo itu.

Ternyata, keduanya tertarik dengan aksi sosial yang dilakukan Sahabat Laut. Sebuah komunitas berendam di laut Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Mayangan Probolinggo. Komunitas yang didominasi ibu-ibu dan bapak-bapak itu begitu antusias saat tahu pemimpin di Kota Probolinggo ini mendatangi mereka.

Seketika, Sahabat Laut berebut foto bareng dengan Habib Hadi dan Subri. Keduanya pun sempat menikmati makanan yang dibagikan ke warga secara gratis itu. Menu pagi itu nasi rawon.

Anggota Sahabat Laut, Slamet Suharmadi mengatakan, setiap hari Jumat-Sabtu setiap pekannya, komunitasnya selalu membuat aksi sosial berbagi dengan masyarakat. Menu yang disediakan dibuat berbeda. “Ini cari sangu di-akherat nanti,” ujar pensiunan Pemkab Probolinggo itu.

Di dalam komunitas ini, lanjut Pak Mamek –sapaan akrabnya-, diikuti oleh ratusan orang dengan berbagai profesi. Namun saat di Sahabat Laut, semua orang harus melepas identitasnya entah itu sebagai politisi, pengusaha atau lainnya.

“Jadi, kami tidak sekadar berendam di laut. Tetapi, ada aksi sosial berbagi ke masyarakat. Biasanya tidak sampai dua jam, bahkan ada yang tidak sampai satu jam sudah habis,” kata Ketua Sahabat Laut, Harry Pramono, yang menyatakan setiap bagi-bagi sarapan selalu menyiapkan ratusan porsi.

Wawali Subri menuturkan, ia sangat mengapresiasi ada sebuah komunitas yang cukup baik dan amanah dalam mendekatkan diri ke masyarakat. “Kami bersyukur ada sekelompok orang yang mau berbagi ke masyarakat, siapapun itu. Kita memang harus ingat untuk berbagi dan berbuat sosial untuk masyarakat Kota Probolinggo,” ucapnya.

Sebelum menjabat wawali, Subri kerap mengikuti kegiatan Sahabat Laut yakni berendam di laut. “Saya lebih pada kum-kumnya (berendam) karena badan itu lebih fresh, lebih sehat. Kalau sekarang agak susah membagi waktu, tetapi sesekali ada waktu senggang saya upayakan,” ujar Subri. (famydecta/humas)

Wawali Subri foto bersama dengan para komunitas sahabat laut saat membagikan makanan (foto:Rizal Al Karimi)