Optimalkan Wilayah Selatan

image_pdfimage_print

RTHKP KEDOPOKBadan Lingkungan Hidup (BLH) punya program menarik di tahun 2014. Salah satunya adalah SPWK2 (Semarak Pagi Wonoasih Kademangan Kedopok) yang bakal dilaunching 9 Februari mendatang. Motivasinya, melalui program ini adalah optimalisasi sektor yang ada di wilayah selatan Kota Probolinggo.

Kepala BLH Budi Krisyanto mengatakan, desain kota tidak hanya di wilayah utara dan tengah saja tetapi selatan pun telah menjadi prioritas pembangunan kota. “Meningkatkan pembangunan wilayah selatan terdiri dari tiga pilar yakni fisik, sosial dan ekonomi. Desain ini untuk menghindari disparitas di tiga wilayah tersebut,” jelasnya.

                Berkesinambungan dengan program dan kebijakan walikota, maka digarapkan konsep SPWK2 yaitu menyelenggarakan event di pagi hari yang di RTH Kawasan Perkotaan Kedopok. SPWK2 terdiri dari tiga komponen kegiatan yakni komponen ekologis sosialisasi perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup (daur ulang, pengelolaan sampah dan mata air).

                Komponen sosial memberikan kesempatan tampilan budaya lokal di kecamatan setempat agar lebih dikembangkan. Kemudian yang terakhir adalah komponen ekonomi. “Selain masyarakat di wilayah selatan supaya lebih sadar lingkungan. Kami juga ingin memfasilitasi budaya agar bisa ditampilkan di acara ini. Untuk komponen ekonominya memberi kesempatan pedagang ikut menjajakan barang dagangannya. Atau bila kelurahan ada yang punya produk unggulan juga bisa dipamerkan disana,” beber mantan Kepala Bappeda ini.

                Guna mendukung kegiatan ini, pemkot melalui satuan kerja dan kecamatan terkait telah menganggarkan dana untuk kegiatan tersebut. Budi Kris ingin menangkap segmen masyarakat di wilayah selatan yang tidak selalu merasakan fasilitas yang diberikan oleh pemkot.

                “Pelaksanaannya nanti di sela-sela MPS2 (Morning On Panglima Sudirman Street), jadi misalnya MPS2 bulan Januari maka SPWK2 bulan berikutnya. Kebetulan untuk launching kegiatan ini akan dilaksanakan 9 Februari,” ucap Budi Kris kepada Link GO. Di tahun 2014 pula BLH bakal bikin gebrakan baru menindaklanjuti program sebelumnya. Jika tahun 2012 adalah Gerakan Peduli dan Sadar Lingkungan (GP Darling), tahun 2013 Gerakan Masyarakat Sadar Lingkungan (Gemas Darling), nah tahun ini adalah Semangati Kesadaran Masyarakat Sadar Lingkungan (SMS Darling). (fa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.