TK Al Habsyi Pungkasi Gema Insani

image_pdfimage_print

 

Sosialisasi  Gemar Makan Ikan Protein Hewani (Gema Insani) 2017 usai digelar. Kamis (6/4) TK Al Habsyi di Kelurahan Pakistaji, Kecamatan Wonoasih, Kota Probolinggo menjadi sasaran terakhir membagikan paket olahan ikan bagi anak usia dini. Sebanyak 56 anak mendapatkan paketan berbagai olahan ikan yang dimasukkan rapi dalam tas sekolah. 

Tahun ini Dinas Perikanan bekerjasama dengan TP PKK setempat telah memberikan 385 paket di empat TK. Jumlah ini lebih sedikit dibanding tahun lalu yang mencapai 1.177 paket. Berkurangnya jumlah paket tersebut karena dampak berkurangnya anggaran di Pemkot Probolinggo. Namun Dinas Perikanan bakal mengupayakan menambahnya saat perubahan APBD mendatang. 

Kendati demikian, Dinas Perikanan berhasil mengandeng perusahaan memberikan CSR (Coorporate Social Responsibility) BeeJay berupa olahan ikan. “Nanti sasarannya posyandu bukan TK, jumlahnya sekitar 180 paket. Saat ini kami sedang berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan PKK,” ujar Kepala Dinas Perikanan Budi Krisyanto. 

Wali Kota Probolinggo Rukmini melakukan sosialisasi kepada puluhan anak yang didampingi orangtuanya. Katanya, anak-anak sangat memerlukan protein hewani. Jika sebelumnya anak-anak mengkonsumsi minyak ikan kini bisa ikannya secara langsung. 

“Ibu harus masak ikan, Probolinggo ini banyak sekali ikannya. Ibu harus rajin memasak dan tidak boleh malas. Kalau tidak ikannya langsung bisa diolah jadi dendeng ikan atau yang lainnya supaya anak-anak tidak bosan,” ujar Rukmini. 

Ia juga menekankan kepada para wali murid untuk selalu mempedulikan anak dan menjemputnya sepulang sekolah. Ia pun mengimbau kepada pihak sekolah agar peka terhadap masyarakat sekitar jika ada anak-anak yang tidak sekolah. “Jemput bola bila ada anak-anak di kampung-kampung yang tidak bersekolah,” tegasnya. (famydecta/humas)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.