Bersinergi Bersama Ulama, Demi Kota Probolinggo Lebih Baik

Wawali Moch Soufis Subri saat menyampaikan sambutan di seminar peran MUI, Minggu (28/4) pagi. (Foto: Rifki K.I/Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo)
image_pdfimage_print

MAYANGAN – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Probolinggo menggelar seminar tentang penguatan peran MUI dalam masyarakat, Minggu (28/4) pagi, di Aula SMAN 1 Kota Probolinggo. Wakil Wali Kota Mochammad Soufis Subri membuka seminar sekaligus rapat kerja yang menghadirkan Sekretaris Umum MUI Jawa Timur, Ainul Yaqin sebagai narasumber.

Ketua MUI Kota Probolinggo Kiai Nizar Irsyad berharap, melalui seminar dan rapat kerja ini semua pengurus komisi-komisi di MUI mempunyai program yang bermanfaat bagi masyarakat.

Dalam sambutannya, Wawali Soufis Subri menyatakan peran alim ulama saat ini sangat signifikan sebagai salah satu elemen pemersatu bangsa. Keberadaan para ulama harus dapat meyakinkan umat tentang pentingnya menjaga ukhuwah berdasarkan prinsip tasamuh atau toleransi.

“MUI mempunyai dua peranan yang sangat penting. Pertama, yaitu sebagai pembawa aspirasi dan pelayan umat. Kedua, MUI sebagai mitra pemerintah. Mitra ini jangan dilihat sisi negatifnya, karena kami, pemerintah daerah menyadari betul peran MUI dalam membantu tugas kami, begitu pula sebaliknya,” jelas Subri.

Ulama harus mendukung kerja pemerintah, sepanjang kebijakan dan program tersebut demi kemaslahatan umat. Ada kalanya ulama harus berada di baris terdepan untuk menghentikan kesalahan yang dilakukan oleh pemerintah.

“Inilah kami, kami tidak anti kritik. Jika ada kebijakan kami yang melenceng silahkan kami diperingatkan. MUI adalah tokoh senior yang pasti dapat mendeteksi dini apakah kebijakan kami mencederai umat atau tidak. Maklum, karena kami berdua (wali kota dan wawali) masih muda dan perlu bimbingan dari berbagai pihak,” imbuh Subri.

Wawali berharap, para ulama bisa bersama-sama dengan Pemerintah Kota Probolinggo mewujudkan visi misi dan program untuk mewujudkan Kota Probolinggo yang lebih baik. “Mari bersinergi lebih baik lagi,” imbuhnya. (famydecta/humas)