Jurnalis pun Punya Peran Membangun Daerahnya

Sharing bareng Ketua PWI Banyuwangi Syaifuddin Mahmud di hari kedua media gathering, Selasa (30/4). (Foto: Rifki K.I/Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo)
image_pdfimage_print

BANYUWANGI – Di hari kedua (30/4), Media Gathering yang digelar Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo, bersama Wali Kota Hadi Zainal Abidin dan Wawali Mochammad Soufis Subri dan 53 jurnalis berkesempatan bertamu ke pendopo Kabupaten Banyuwangi, Sabha Swagata Blambangan.

Sambutan yang sungguh hangat dan luar biasa diberikan oleh Bupati Abdullah Azwar Anas dan para jajarannya. Rombongan pun diajak berkeliling pendopo yang bisa dibilang mirip dengan tempat wisata yang kaya akan sejarah.

Sedari pendopo, para jurnalis mengikuti sharing bareng Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Banyuwangi Syaifuddin Mahmud di ballroom Hotel Ketapang Indah. Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo, Mardi Prihartini menyampaikan kegiatan ini merupakan ketiga kalinya. Tahun pertama dilaksanakan di Batu, Malang dan tahun kedua di Surabaya. Kali ini dilaksanakan di Banyuwangi, karena memiliki nilai lebih dari sisi pelayanan publik pemerintahan hingga wisatanya.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan sinergi yang lebih baik untuk menyebarluaskan kegiatan dan program kerja Kepala Daerah. Dan meningkatkan hubungan Kepala Daerah dengan unsur pers serta meningkatkan kapasitas sumber daya manusia sehingga menyampaikan informasi kepada masyarakat dapat dikemas secara utuh dan baik,” ujar Mardi.

Ketua PWI, Syaifuddin Mahmud menjelaskan kerjasama yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi degan wartawan, bukan sebatas advetorial saja. Tetapi bagaimana pemerintah bisa mengandeng para wartawan untuk berinovasi terkait pemberitaan yang dimuat. Menurutnya, wartawan pun harus punya peran untuk memajukan daerahnya.

“Strategi yang diterapkan pemerintah daerah, harus tetap menjalin komunikasi yang baik  kepada wartawan. Pemerintah tidak hanya memanjakan dengan kegiatan-kegiatan pemerintahan saja tetapi melalui kegiatan gathering seperti ini bisa menjalin hubungan baik antara Pemerintah dengan wartawan. Para jurnalis untuk ikut membangun memajukan daerahnya dengan nilai-nilai berita yang positif,” jelasnya pria yang juga menjabat sebagai Pemimpin Redaksi Radar Banyuwangi itu. (noviati/humas)