Wali Kota Hadi Ajak Lintas Komunitas Ikut Bangun Kota

Wali Kota Hadi Zainal Abidin saat kopdar bareng sejumlah komunitas di rumah dinasnya, Sabtu (25/5) malam. (foto-foto: Opiex)
image_pdfimage_print

 KANIGARAN – Visi Kota Probolinggo, membangun bersama rakyat bukan sekadar tagline atau pencitraan semata. Wali Kota Hadi Zainal Abidin benar-benar menerapkan di dalam kepemimpinannya. Seperti yang dilakukan Sabtu (25/5) malam. Orang nomor satu di Kota Mangga itu, mengajak komunitas untuk kopdar (kopi darat) di rumah dinasnya.

Ratusan orang memenuhi undangan yang disebar melalui sebuah media sosial (medsos). Responnya pun sangat luar biasa. Halaman rumah dinas bercat serba putih itu, dipenuhi anggota-anggota berbagai komunitas. Antara lain komunitas mobil yaitu Timor, Mobilio dan Offroad. Sedangkan komunitas motor ada RX King, CB, NMAX dan Honda.

“Kami senang karena sudah sekitar 10 tahun tidak pernah ada acara seperti ini. Kami sangat berterima kasih kepada wali kota. Kami berharap, ketika ada event dan kopdar, kiranya Pemerintah Kota Probolinggo mau terlibat dan ikut andil,” kata Edy, perwakilan MTC.

Sementara itu, komunitas IKL (Info Kriminal dan Lalu Lintas) Nusantara, Syaiful juga berterima kasih atas undangan wali kota. Sehingga, semua komunitas dapat membaur diwarnai kerukunan. “Di komunitas kami ada kegiatan sosial yaitu memberi bantuan. Tapi, kadang kuota (yang diberi bantuan) itu bertambah. Kami berharap, Bapak Wali Kota untuk bisa bersama dalam kegiatan sosial tersebut,” kata komunitas.

Menanggapi apa yang disampaikan ILK Nusantara, Wali Kota Habib Hadi pun langsung merespons. “Itu bagus, ada bakti sosial. Saya setuju dan mendukung, pemkot bisa ikut andil dengan menyesuaikan jadwal bantuan dari Pemkot Probolinggo. Dan, saya akan mengajak kalangan komunitas dalam kegiatan kami,” ujarnya.

Suasana di halaman rumah dinas wali kota saat kopdar komunitas bersama wali kota.

Pada kesempatan itu, Habib Hadi juga mengatakan, silaturahmi yang dilaksanakan bersama komunitas membawa manfaat bagi Kota Probolinggo. Acara ini merupakan bentuk kebersamaan dan menunjukkan bahwa Pemerintah Kota Probolinggo tidak memandang sebelah mata terhadap komunitas.

“Pemerintah akan mendukung dan bersama-sama dengan komunitas. Karena pemerintah tidak bisa membuat kebijakan jika tidak didukung oleh pemuda atau komunitas di Kota Probolinggo,” seru Habib Hadi.

Wali kota pun meminta masyarakat tidak terpengaruh informasi yang mengatakan, seakan-akan ia anti terhadap komunitas. “Padahal, saya tidak. Sejak tahun 1994 saya pernah jadi ketua komunitas motor di Kota Probolinggo,” imbuhnya.

Habib Hadi berharap, semua komunitas bisa membawa dampak yang baik. “Mulai saat ini mari kita bersama-sama membangun Kota Probolinggo bersama rakyat. Kalian adalah penerus kami, jadilah yang terbaik di lingkunganmu dan bagi Kota Probolinggo,” pesan wali kota pecinta motor trail ini.

Kebersamaan antara pemerintah dan komunitas dirasa penting untuk ikut menjadi bagian dari pembangunan daerahnya. Wali kota pun meminta dukungan komunitas terkait upaya pemerintah mencegah hal negatif terjadi di Bumi Banger.

“Saya mengharap dukungan elemen masyarakat khususnya komunitas. Hal tidak patut dalam norma dan kesusilaan harus diperangi, demi Kota Probolinggo yang ramah dan lebih baik,” tegas mantan anggota DPR RI ini. (famydecta/humas)