Wali Kota Ajak KNPI Berdayakan Pemuda

image_pdfimage_print

Wali Kota Probolinggo, Rukmini meminta Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Probolinggo memiliki peran lebih dalam memberdayakan pemuda Kota Probolinggo. Pernyataan itu disampaikan Rukmini saat menghadiri pelantikan Dewan Pengurus Daerah (DPD) KNPI Kota Probolinggo masa bhakti 2017-2020, di Puri Manggala Bhakti, Senin (15/5). Menurutnya, KNPI sebagai organisasi kepemudaan, harus mampu merebut simpati pemuda agar peduli dengan keberadaan organisasi tersebut. 

“Untuk merebut kembali hati generasi muda, ada beberapa hal yang harus diperhatikan KNPI. Di antaranya program-program organisasi harus bersentuhan langsung dengan kebutuhan riil generasi muda. Misalnya program pemberdayaan SDM melalui pendidikan, pelatihan dan kursus, penyaluran minat dan bakat, guna mencari jalan keluar untuk masalah lapangan pekerjaan berbagai persoalan pemuda lainnya,” harap mantan Anggota DPR RI itu.

 Wali kota juga meminta KNPI mendukung program Pemkot Probolinggo. “Saya juga meminta dukungan penuh dari KNPI Kota Probolinggo dalam mendukung upaya pembangunan yang berkelanjutan di Kota Probolinggo. Kenapa saya harus meminta dukungan kepada KNPI? Karena KNPI ini isinya ya para pemuda. Pemuda yang nantinya akan melanjutkan suksesi kepemimpinan di Indonesia dan Kota Probolinggo pada khususnya,” tambah Rukmini.

Wakil Ketua KNPI Jawa Timur, Saifullah Maksum dalam kesempatan itu mengomentari soal pelantikan DPD KNPI Kota Probolinggo. “Pelantikan itu bukan cermin dari suksesnya organisasi. Itu adalah awal dari sebuah organisasi mengabdi untuk masyarakat,” terang Saifullah. Ketua KNPI Jatim itu juga mengingatkan agar KNPI Kota Probolinggo mewaspadai kemungkinan munculnya gerakan-gerakan yang bertujuan memecah belah NKRI. 

“Situasi politik setelah selesai pilkada di DKI memang cukup mengkhawatirkan. Banyak sekali fenomena munculnya gerakan-gerakan yang berpotensi memecah bangsa. Timbul gerakan kiri yang sedang berupaya membangkitkan kembali paham komunis. Sementara golongan kanan juga berkeinginan mengganti pancasila dengan khilafah,” tambah Saifullah.

Sementara itu, Ketua KNPI Kota Probolinggo Muchlas Kurniawan berjanji organisasi yang dipimpinnya ini akan lebih banyak mengambil peran strategis dalam program Pemkot Probolinggo. Ia juga memastikan KNPI siap membantu dalam segmen manapun. (abdurhamzah/humas)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.