Wali Kota-Wawali Sidak Pegawai usai Cuti Lebaran, Hasilnya…

Wali Kota saat sidak di kantor BPPKAD yang didampingi Asisten Ekonomi Pembangunan Ahmad Sudiyanto (Foto: Welly/Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo)
image_pdfimage_print

KANIGARAN – Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin bersama Wawali Mochammad Soufis Subri melakukan sidak hari pertama usai cuti lebaran, ke sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo. Tak ditemui ASN (Aparatur Sipil Negara) yang absen di hari pertama bekerja, Senin (10/6).

Wali Kota Habib Hadi bagi tugas dengan Wawali Subri. Habib Hadi sidak ke lingkungan kantor wali kota, sedangkan wawali ke OPD lainnya. Didampingi Asisten Ekonomi Pembangunan Ahmad Sudiyanto, pukul 07.24 Habib Hadi berjalan ke kantor BPPKAD.

Habib Hadi sengaja berdiri menunggu pegawai BPPKAD yang baru saja untuk melakukan absensi. Tak ayal, karyawan BPPKAD pun berlarian menuju kantornya agar tidak terlambat absen sebelum jam 07.30.

Di BPPKAD terdapat dua mesin absensi, satu khusus untuk ASN, satu mesin untuk THL (tenaga harian lepas). “Data absensinya nanti diprint, diambil, supaya tahu mana yang absen atau belum,” kata wali kota.

Setelah dari BPPKAD, Habib Hadi bergeser ke kantor Bagian Humas dan Protokol. “Mana bagian IT-nya disini? Segera diprint ya absensinya,” ujarnya setelah masuk ke ruangan kantor. OPD lain yang didatangi oleh wali kota adalah Bagian Hukum.

Di lingkungan sekretariat tidak ditemukan karyawan yang bolos kerja. Ada beberapa yang sakit dan sudah disertai surat dokter. “Alhamdulillah sudah saya cek, semua hadir. Tidak ada lagi manipulasi data karena OPD sudah pake finger print, absen menggunakan face dan sidik jari. Ke depan kami akan tingkatkan keakurasian, jika terjadi pelanggaran akan terdeteksi,” jelas Habib Hadi.

Kedisplinan karyawan di Pemerintah Kota Probolinggo tidak luput dari imbauan yang sudah disampaikan oleh Menpan RB dan Wali Kota Habib Hadi. Karena, akan ada tindakan tegas apabila karyawan terlambat masuk kerja. Pukul 7.30 semua harus sudah berada di kantor.

“Kegiatan semacam ini, bukan hari pertama kerja usai cuti lebaran saja. Saya akan lakukan kontrol, sidak, sampling ke OPD karena sudah kewajiban ASN untuk hadir tepat waktu,” tegas wali kota.

Di Pemkot Probolinggo terdapat lebih dari 4000 yang tersebar di berbagai OPD. Jika nantinya data BPKSDM menunjukkan adanya karyawan yang absen, Wali Kota Habib Hadi akan menegakkan aturan secara tegas. Ia akan memanggil dan melihat apakah ada unsur kesengajaan sehingga tidak ngantor. “Selain itu, day by day akan kami sidak untuk mengetahui tingkat kedisplinan ASN,” katanya.

Di lain tempat, suasana Wakil Wali Kota Soufis Subri saat melakukan sidak (Foto: Agus/Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo)

Sementara itu, Wawali Subri berkeliling ke beberapa OPD seperti Kecamatan Wonoasih, Kelurahan Wonoasih, Puskesmas Wonoasih, Kelurahan Jrebeng Kidul dan Disnaker.

“Kami meninjau ujung tombak pemerintahan, di kelurahan-kelurahan. Secara personil dan alat-alat sudah saya cek, sudah siap melayani masyarakat. Secara keseluruhan semua hadir, insyaallah 100 persen hadir kecuali yang cuti melahirkan atau sakit,” ungkap Subri. (famydecta/humas)