Pemkot Berupaya Menjaga Stabilitas Harga Pangan

image_pdfimage_print

Guna menjaga stabilitas dan kenaikan harga pangan menjelang Ramadan dan Lebaran mendatang, Pemerintah Kota Probolinggo melalui Bagian Administrasi Perekonomian menggelar Sosialisasi dan Pembinaan Bagi Para Pelaku Usaha dan Distributor. 

Dibuka Sekretaris Daerah Kota Probolinggo  Bambang Agus Suwignyo, Kamis (18/5), bertempat di Gedung Puri Manggala Bhakti, sosialisasi ini juga dihadiri sejumlah pejabat. Antara lain staf ahli wali kota, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), BRI Cabang Probolinggo dan narasumber dari Polres Probolinggo Kota.

Asnan, Kasubbag Bina Usaha Daerah, Bagian Administrasi Perekonomian menjelaskan sosialisasi ini dilaksanakan untuk mengajak para pelaku usaha atau distributor untuk terus sberperan menjaga stabilitas harga. 

Sementara itu, Sekda Bambang Agus menyampaikan pemkot merespon baik pertumbuan ekonomi Kota Probolinggo dalam mengendalikan inflasi. Dengan inflasi yang stabil maka daya beli masyarakat akan baik serta taraf hidup semakin meningkat. 

“Inflasi mempunyai dampak yang serius bagi masyarakat yaitu akan menggerus daya beli masyarakat, dimana bagi pengusaha menimbulkan ketidak pastian dalam penentuan ongkos produksi dan bagi perekomomian inflasi yang tinggi membuat ongkos perekonomian menjadi mahal,” paparnya.

  Bambang Agus juga meminta kepada para pelaku usaha agar tidak melakukan penimbunan barang kebutuhan pokok, tidak menaikkan harga dan perperan aktif dalam memantau harga serta kadaluarsa barang terutama pada bulan Ramadan dan Idul Fitri. 

“Serta menjaga kelancaran lalu lintas perdagangan dengan tidak membongkar muatan barang dijalan utama / jalan raya,” tegas mantan direktur RSUD dr Mohamad Saleh ini. 

Ia pun menyarankan masyarakat dapat memantau perkembangan harga barang yang dilakukan oleh dinas terkait melalui website WWW.SISKAPERBAPO.COM. “Lakukan secara up to date agar dapat menjadi antisipasi dini gejolak harga di masyarakat,” ujarnya. (umimifta/humas) 

Leave a Reply

Your email address will not be published.