Datangi Kantor Media, Ini Pesan Wali Kota

Wali Kota Habib Hadi beserta rombongan saat mengunjungi ke kantor Jawa Pos Radar Bromo, Jalan Soekarno Hatta. (Foto: Agus/Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo)
image_pdfimage_print

PROBOLINGGO – Masih dalam suasana lebaran, Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin bersilaturahmi ke kantor media yang berlokasi di Kota Probolinggo, Rabu (12/6). Habib Hadi –sapaan akrab wali kota- bersama seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD) juga mendatangi markas jurnalis di warung rawonan.

Sebenarnya, rencana kunjungan ke kantor media di Kota Probolinggo sudah direncakan wali kota di awal kepemimpinannya. Namun, lantaran kesibukan yang cukup padat, baru kali ini bisa diwujudkan.

Kunjungan ini pun dilaksanakan masih dalam rangkaian 99 hari kerja, Wali Kota Habib Hadi dan Wawali Mochammad Soufis Subri.

Kunjungan pertamanya yakni ke kantor Jawa Pos Radar Bromo, Jalan Soekarno Hatta. Rombongan Habib Hadi disambut General Manager HA Suyuti; Pimred Hana Susanti; Redaktur Senior sekaligus Penanggung Jawab radarbromojawapos.com Muhammad Fahmi; Manager Event Innayah dan pihak manajemen serta redaksi.

Sedangkan wali kota, siang itu didampingi seluruh staf ahli, asisten dan kepala OPD. Suasana gayeng nampak ketika mereka duduk bersama di ruang rapat Radar Bromo.

HA Suyuti pun mengapresiasi program luar biasa yang dilucurkan oleh Habib Hadi setelah ia menjabat sebagai wali kota.

“Selamat telah menjadi wali kota. Program-programnya sangat luar biasa. Seperti menghentikan segala kegiatan saat adzan berkumandang. Selain itu, baru kali ini ada sejarah wali kota ikut melakukan penggerebekan tempat perjudian. Kami punya kewajiban untuk mensupport kebaikan yang dilakukan Pemerintah Kota Probolinggo, sesuai standar jurnalistik tentunya,” jelas Suyut –sapaan akrabnya-.

Sementara itu, Wali Kota Habib Hadi menyampaikan kedatangannya ke Radar Bromo untuk bersilaturahmi, saling memaafkan dan menyamakan persepsi.

“Kerja sama mari kita tingkatkan lagi. Pemerintah dan amedia harus punya komitmen bersama membangun daerah. Keberhasilan daerah juga tergantung media. Terima kasih sudah punya pemikiran yang sama,” ujarnya.

Wali kota menekankan jika ia mengedepankan kekeluargaan dan terbuka dengan media. Ia juga media tidak menerima masukan hanya dari satu sisi tanpa ada konfirmasi. Ia pun akan menerima masukan dari media menentukan program kebijakan yang mengangkat nama baik dan membangun Kota Probolinggo.

“Peran media sangat penting dalam mengedukasi masyarakat. Media juga harus bisa memberikan pemahaman pada masyarakat. Bersama-sama Pemerintah Kota Probolinggo mari kita wujudkan itu semua,” kata Habib Hadi.

Setelah dari Jawa Pos Radar Bromo, rombongan wali kota menuju ke kantor Probolinggo TV (Protv) di Jalan Anggrek. Di kantor tersebut Habib Hadi disambut Direktur Protv Bambang Santoso; Manager Operasional Imam Wahyudi dan Wakil Manager Operasional Agus Salim.

Suasana saat Wali Kota Probolinggo beserta rombongan mengunjungi kantor Probolinggo TV (Protv) di Jalan Anggrek. (Foto: Agus/Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo)

Kepada Protv, Habib Hadi pun meminta kerja sama serta bermitra dengan pemerintah. Menjadi bagian dari pembangunan daerah dan membranding Kota Probolinggo melalui pemberitaan yang bersifat edukasi kepada masyarakat.

Kunjungan siang itu berakhir di warung rawonan di Jalan Dr Saleh. Di tempat ini biasa berkumpulnya jurnalis baik media cetak dan elektronik di Kota Probolinggo. Tempatnya sangat sederhana. Namun disitulah karya-karya jurnalis dibuat oleh mereka.

Habib Hadi mengatakan, mustahil pembangunan suatu daerah bisa berhasil tetapi opini yang beredar justru negatif. Untuk meminimalisir itu, wali kota mengajak semua jurnalis untuk berperan aktif sesuai dengan peran dan fungsinya.

“Mari kita berkomunikasi lebih intensif, bersama pemerintah membangun kota dari sisi pemberitaan yang mendukung program-program yang bermanfaat bagi masyarakat. Mudah-mudahan bisa bersinergi lebih baik lagi,” tutur wali kota yang open dengan media ini. (famydecta/humas)

Wali Kota Probolinggo saat mengunjungi warung rawonan atau tempat berkumpulnya jurnalis baik media cetak dan elektronik di Kota Probolinggo, Jalan Dr Saleh (Foto: Agus/Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo)