Sideka Pro, Upaya Tingkatkan Pelayanan

image_pdfimage_print

Dalam meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik, Pemerintah Kota Probolinggo melalui Dinas Kesehatan menggelar Launching Sistem Informasi Dinas Kesehatan (Sideka Pro) Kota Probolinggo tahun 2017. Acara yang berlangsung di Sabha Bina Praja  kantor Wali Kota Probolinggo, Rabu (24/5), dibuka oleh Wali kota Rukmini, dihadiri oleh Plt Asisten Pemerintahan, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Plt Direktur RSUD Moch Saleh Kota Probolinggo dan Direktur Rumah Sakit Swasta. 

 Sebagai sektor pelayan publik rumah sakit dan klinik swasta, memiliki peran yang cukup signifikan dalam pelayanan terkait masalah masyarakat Kota Probolinggo. Kendati demikian masih di temukan kendala dalam penyelenggaraan pelayanan, khususnya penyediaan milik informasi pelaporan yang terpadu secara relevan  dengan melibatkan seluruh fasilitas pelayanan kesehatan yang ada di Kota Probolinggo baik milik pemerintah maupun milik swasta.

“Dikembangkan aplikasi sistem informasi pelaporan Kota Probolinggo atau Sideka Pro yang berbasis aplikasi open source sehingga bisa di akses oleh masyarakat. Tersedianya Aplikasi Sideka, mengimplementasikan program aplikasi Sideka ke semua rumah sakit dan klinik di Kota Probolinggo,”ujar kata Ninik Ira Wibawati, Kepala Dinas Kesehatan.

Wali kota dalam sambutannya mengungkapkan, isu strategis pada sektor pelayanan publik mencakup monitoring dan supervisi kinerja pelayanan publik termuat dalam road map reformasi birokrasi 2015-2019. Sebagaimana tercantum pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor : 11 Tahun 2015.

Wali kota juga berharap, pelayanan kesehatan yang ada di Kota Probolinggo maupun milik swasta harus  mengirimkan laporan kepada Dinas Kesehatan. “Pada hari ini (24/5) Dinas Kesehatan  membuat terobosan atau inovasi melaunching  aplikasi Sideka Pro untuk mempermudah pelaporan. Program ini diakses melalui Sidekaprob.probolinggokota.go.id bisa menggunakan smartphone,” imbuhnya.

“Saya harapkan Aplikasi Sideka terus dikembangkan, agar selalu mengikuti perkembangan meningkatkan pemerintah maupun kecanggihan teknologi dan selanjutnya sebagai penompang Kota Probolinggo sebagai smart city. Selamat kepada Kepala Dinas Kesehatan Kota Probolinggo sebagai projek leader kegiatan ini dan terimakasih dukungan semua pihak yang terlibat dalam tersusunnya aplikasi ini,” tutupnya. (noviati/humas)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.