Wali Kota Sambut Ketua PN Baru

Wali Kota Probolinggo saat memberikan cinderamata kepada mantan Ketua Pengadilan Negeri (PN) Kota Probolinggo sebagai kenang-kenangan (Foto: Welly/humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo)
image_pdfimage_print

MAYANGAN – Ketua Pengadilan Negeri (PN) Kota Probolinggo resmi berganti. Posisi Budiarto digantikan oleh Darwanto, yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua PN Kota Baru, Kalimantan Selatan. Sementara Budiarto mutasi ke sebagai hakim di Pengadilan Jakarta Utara.

Rabu (19/6), pisah sambut ketua PN dihadiri Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin, Kapolresta AKBP Alfian Nurrizal, perwakilan forkopimda serta mitra dari PN yang terletak di Jalan Dr Saleh itu.

Dalam sambutannya, Budiarto menjelaskan ia harus sudah berpamitan karena Selasa (18/6) telah melaksanakan sertijab di Pengadilan Tinggi di Surabaya. “Semoga PN Probolinggo bisa segera mewujudkan ZI (zona integritas), lebih baik lagi dan sukses untuk semuanya,” ujar ketua yang menjabat di PN Probolinggo sejak 7 September 2018 lalu itu.

Pengganti Budiarto, punya rekam jejak karir di antaranya pernah berdinas di Sidrap – Pare pare Sulawesi Selatan, Lampung Tengah, kemudian Pati-Jawa Tengah, Kepanjen – Malang dan Wakil Ketua PN Kota Baru-Kalimantan Selatan. Kemudian ia mengikuti fit and proper test dan lolos menjadi Ketua PN di Kota Baru.

“Kulo nuwun, saya bergabung dumateng Bapak/Ibu sekalian. Mohon kerja sama yang baik dengan fokopimda, rekan jaksa, kepolisian, mitra serta seluruh personil di PN Kota Probolinggo. Ke depan tugas PN cukup banyak karena ini adalah era kinerja,” kata Darwanto.

Sementara itu, Wali Kota Hadi Zainal Abidin mengungkapkan selamat Idul Fitri 1440 Hijriyah dan memohin maaf atas segala khilaf kepada semua pihak yang hadir. Ia pun mengucapkan selamat datang kepada ketua PN yang punya istri asli dari Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo itu.

“Tentunya, Pak Ketua PN tidak asing lagi dengan karakteristik orang Probolinggo ya. Selama ini Pemerintah Kota Probolinggo selalu menjaga komunikasi yang baik bersama forkopimda. Semua Bapak Darwanto bisa cepat menyesuaikan diri,” ujar Habib Hadi.

“Kepada Bapak Budiarto, saya juga mengucapkan selamat bertugas di tempat yang baru sebagai hakim Pengadilan Negeri di Jakarta Utara. Terima kasih atas kerja sama dan koordinasi yang baik selama ini,” sambungnya.

Habib Hadi juga meminta kerja sama dengan Ketua PN baru untuk lebih ditingkatkan guna menciptakan iklim yang semakin kondusif di Kota Probolinggo. Acara siang itu dilanjutkan dengan berfoto bersama, penyerahan tali asih dan ramah tamah. (famydecta/humas)