Wali Kota Sidak Kelayakan Daging

image_pdfimage_print

Untuk memastikan ketersediaan daging yang aman dan layak konsumsi, Pemerintah Kota Probolinggo mengelar inspeksi mendadak (sidak) daging yang dipimpin oleh Wali Kota Probolinggo Rukmini. Sidak daging dimulai di Pasar Baru Kota Probolinggo, Senin (29/5) sekira pukul 5.30. 

Sidak kali ini merupakan gabungan dari Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Camat Wonoasih, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo, Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian dan Satpol PP.

Sukarning Yuliastuti, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan mengatakan berdasarkan hasil pemeriksaan daging menggunakan alat uji kebusukan dengan menggunakan pH meter dan reagen eber, uji kualitas daging dan penggunaan zat aditif dengan uji organoletis (uji bau, rasa dan tekstur), sidak di Pasar Baru hasilnya negatif. Artinya, tidak ditemukan daging sapi yang dicampur (oplosan), maupun penambahan zat aditif. 

“Pemantauan kualitas bahan pangan asal hewan secara rutin sudah dilakukan, Ramadan ini terjadi peningkatan permintaan daging yang cukup tinggi, maka untuk menjaga kualiitas daging diperlukan sidak untuk menjamin kualitas daging,” imbuh Sukarning.

Meski dalam sidak kali ini tidak ditemukan adanya daging yang berpenyakit,  menurut Wali Kota Rukmini, pemkot akan tetap mewaspadai adanya daging yang tidak layak jual. “Saya juga berharap para pedagang yang menjual daging keluar dari freezer tidak lebih dari 3 hari, agar daging layak dikonsumsi,” harapnya.

Rukmini menjelaskan, untuk saat ini harga daging berkisar antara Rp. 100.000 – Rp. 110.000  per/kg. “Dan, untuk pasokan  daging selama bulan Ramadan hingga pasca lebaran diperkirakan aman,” tegasnya. (umimifta/humas)

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.