Wali Kota Habib Hadi Ikuti Rakernas Apeksi


SEMARANG – Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI ke XIV) Tahun 2019 yang diselenggarakan di Semarang, mulai 2 Juli sampai 5 Juli. Ini kali pertama wali kota mengikuti agenda rakernas di tingkat nasional.

Habib Hadi hadir bersama istri, yang menjabat sebagai Ketua TP PKK Kota Probolinggo Aminah Hadi Zainal Abidin dan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Rakernas APEKSI ke XIV diawali welcome dinner di Ballroom The Renaissance Semarang.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, dalam sambutan selamat datangnya mengatakan terdapat 90 Pemerintah Kota yang hadir dalam APEKSI XIV ini. 7 orang wakil wali kota, dua perwakilan daerah dan sisanya dihadiri sendiri oleh wali kota.

“Saya senang dan bangga, panjenengan semua berkenan datang. Kedatangan panjenengan semua memberikan semangat bagi kami. Semangat terbaik untuk kota, bangsa dan negara kita,” kata Hendrar malam itu.

Masih menurut Wali Kota Hendrar, APEKSI merupakan event yang luar biasa. Karena semua kepala daerah bisa saling bersilaturahmi dan berkomunikasi, membahas tentang banyak hal. “Tinggal kita komunikasikan lebih intens. Ada daerah yang mampu menyelesaikan tantangan A atau B, itu bisa kita bahas bersama. Jika ini dilakukan secara continue, maka bisa menjadi bagian dari Indonesia yang maju,” terang Hendrar.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyambut kedatangan Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin.

Sementara itu, Ketua Dewan Pengurus APEKSI Pusat Airin Rachmi Diany menuturkan saat ini proses pemilihan presiden sudah selesai. Sudah tiba masanya seluruh kepada daerah menjalankan tugas dan amanah sebaik-baiknya dengan sisa masa jabatan yang diemban.

“Semoga APEKSI ke XIV di Semarang berjalan lancar. Indonesia City Expo, pawai budaya semoga memberikan semangat dan bermanfaat untuk semua,” ujar Wali Kota Tangerang Selatan, yang tak henti mengucap terima kasih kepada wali kota Semarang karena telah menjadi tuan rumah dalam gelaran tersebut.

Ditemui usai welcome dinner, Wali Kota Habib Hadi mengaku tidak akan menyia-nyiakan untuk menggali berbagai informasi dalam APEKSI. “Seperti yang disampaikan Bapak Hendrar, setiap kota punya kendala masing-masing. Ada yang gagal, ada yang berhasil, ini bisa menjadi wawasan untuk kami bisa saling sharing dengan daerah lain. Sehingga Pemerintah Kota dapat saling bersinergi untuk kemajuan daerahnya masing-masing,” tuturnya.

Sejumlah kegiatan sudah disusun dalam Rakernas APEKSI XIV tahun 2019 yang bertema “Penguatan Alokasi Anggaran Pemerintah Daerah untuk Mendukung Profesionalitas Aparatur dan Kemandirian Daerah” ini. Rabu (3/7), ada seremonial pembukaan rakernas disusul diskusi panel yang membahas beberapa topik. Antara lain strategi dana transfer daerah untuk mendukung profesionalitas dan kemandirian keuangan daerah; dana kelurahan untuk penguatan pemerintah daerah dan solusi penyelesaian tenaga K-2 untuk mendukung profesionalitas daerah.

Para istri wali kota pun akan mengikuti sejumlah kegiatan yang dikemas dalam ladies program. Siang harinya, peserta rakernas ikut city tour serta kunjungan ke Indonesia City Expo di Simpang Lima Semarang. Pada malam harinya, digelar pawai budaya. (famydecta/humas)

Wali Kota Hadi Zainal Abidin hadir dalam Rakernas APEKSI XIV tahun 2019 di Semarang bersama Ketua TP PKK Aminah Hadi Zainal Abidin dan sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo.