Utamakan Komunikasi, Kedepankan Kerjasama Tim Work

image_pdfimage_print

Semenjak didapuk sebagai direktur RSUD, dr Bambang Agus langsung menyusun strategi dalam memimpin Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) tersebut. Baginya, konsep dalam memimpin adalah mengutamakan komunikasi dan mengedepankan tim work untuk mencapai pelayanan prima bagi masyarakat.

Rencana strateginya di tahun 2012 yaitu terwujudnya peningkatan mutu pelayanan di RSUD, terwujudnya kualitas dan kualitas SDM sesuai standar, terwujudnya peningkatan disiplin pegawai, terwujudnya RSUD yang modern terpercaya bersih dan hijau, terwujudnya peningkatan kesejahteraan pegawai, terwujudnya komitmen karyawan dan terwujudnya pengelola keuangan yang akuntabel, efektif, efisien dan transparan.

“Dalam bentuk fisik atau non fisik, kami tidak berhenti untuk selalu meningkatkan mutu pelayanan bagi karyawan atau staf. Mereka harus menyepakati komitmen karyawan. Untuk peningkatan SDM melalui diklat dan pelatihan baik itu SDM fungsional atau struktural,” urainya.

Komitmen yang dimaksud memberikan pelayanan dengan sepenuh hati kepada semua lapisan masyarakat, memberikan pelayanan dengan senyuman kesabaran dan keikhlasan, memberikan kemudahan kenyamanan dan keamanan dalam pelayanan, meningkatkan kualitas pelayanan secara terus menerus sesuai dengan ilmu pengetahuan kesehatan dan memperlakukan seluruh pasien sebagaimana “saya” juga ingin diperlakukan.

Guna memenuhi sarana prasarana yang dibutuhkan, dr Bambang Agus menjadikan pelayanan VVIP, VIP dan kelas utama bersifat privat. “Konsep saya dalam memimpin mengutamakan komunikasi dan mengedepankan kerjasama tim work,” tuturnya.

Di tahun ini, RSUD berencana membuat tayangan televisi internal, dimana ketika televisi dihidupkan yang muncul adalah tayangan tentang rumah sakit. Rencananya yang ditayangkan adalah program, fasilitas, penyuluhan serta sosialisasi kesehatan. Fungsinya agar mereka yang berada di rumah sakit kaya informasi tentang kesehatan dan rumah sakit milik pemerintah itu.

Inovasi lain direktur yang satu ini membuat billing system berupa pelayanan jaringan tekhnologi informasi yang dapat diakses ke seluruh ruangan. Aplikasi datanya untuk pelayanan, laboratorium, obat dan keuangan.

“Memudahkan akses pembayaran di rumah sakit, rencannya juga ada pembayaran secara EDC. Tinggal gesek saja menggunakan kartu kredit atau debit. Ini kan canggih jadi tidak perlu bawa uang cash, cukup gesek saja,” katanya. RSUD juga bakal membuat poli lansia untuk melayani kesehatan para lansia. Saat ini yang baru tersedia loket khusus lansia. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.