Kartu Tani untuk Pupuk Bersubsidi

image_pdfimage_print

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Probolinggo menyosialisasikan sekaligus melaunching Kartu Tani, Selasa (13/6). Acara ini digelar bersamaan dengan buka bersama dan penyerahan santunan kepada anak yatim. 

Wali Kota Probolinggo Rukmini yang didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ahmad Sudiyanto hadir dalam pembukaan acara tersebut. Undangan yang berjumlah 380 orang yang terdiri dari Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) setempat, Direktur Bank BNI Cabang Probolinggo, Camat se kota serta 80 anak yatim.

Penyuluh Pertanian pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Probolinggo, Rini Darwati menjelaskan fungsi kartu tani selain untuk transaksi pupuk juga berfungsi sebagai simpanan atau transaksi penyaluran pinjaman. Pupuk yang diperoleh dari kartu tani merupakan pupuk bersubsidi yang harganya jauh lebih murah bahkan lebih dari separuh harga non subsidi. 

Disamping itu Rini panggilan akrabnya menjelaskan semua petani wajib mempunyai kartu tani dengan beberapa syarat pembuatannya yaitu mempunyai rekening BNI, NIK (Nomor Induk Kependudukan), nama ibu kandung serta bukti SPPT. Cara penggunaannya seperti menggunakan kartu kredit dengan cara digesek pada kios-kios yang telah disediakan di setiap kecamatan.

Kedepannya, selain Kartu tani, pemerintah akan membuka bisnis budidaya angfrang untuk padi yang bekerjasama dengan Bulog. Dimana apabila terjadi gagal panen petani akan mendapatkan asuransi  dari Jasindo berupa AUTP (Asuransi Usaha Tani Padi). Kartu tani ini berlaku dan bisa digunakan pada awal tahun 2018. 

“Kegiatan ini bertujuan memberikan informasi kepada petani tentang kartu tani, serta meningkatkan kepedulian sosial kepada karayawan-karyawati Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan,” jelas Sukarning Tyas, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan.

Sementara itu, Wali Kota Probolinggo Rukmini mengapresiasi Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan yang telah menyelenggarakan kegiatan ini di tengah-tengah zaman canggih dan fleksibel dengan memberikan bantuan pupuk bersubsidi melalui kartu tani, sehingga memudahkan petani dalam mendapatkan pupuk di agen-agen yang telah ditetapkan. “Karena kartu tani ini dilaunching di bulan Ramadan semoga menjadi kartu yang barokah menjadikan pertanian semakin berhasil,” tambahnya diakhir sambutan. (malindabulgis/humas)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.